Tingkatkan Kualitas Atlet, Kick Boxing Indonesia Sumut Agendakan Try Out ke Thailand

Para atlet akan mengikuti try out ke AKA Thailand yang berada di Phuket. Rencananya para atlet akan dibina selama 3 bulan.

Tingkatkan Kualitas Atlet, Kick Boxing Indonesia Sumut Agendakan Try Out ke Thailand
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Sejumlah atlet Kick Boxing Indonesia Sumatera Utara bersama pelatih di Camp KBI Sumut Jl Sampul Medan, Minggu (12/5/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pengprov Kick Boxing Indonesia (KBI) Sumatera Utara mengagendakan para atletnya mengikuti program Try out ke luar negeri.

Program ini sebagai bentuk pembinaan tingkat lanjut sekaligus mempersiapkan para kick boxer untuk mengikuti sejumlah event seperti Kejurnas.

Ketua Umum KBI Sumut, Budiman mengatakan, para atlet akan mengikuti try out ke AKA Thailand yang berada di Phuket. Rencananya para atlet akan dibina selama 3 bulan. Namun Pihaknya akan terlebih dahulu melakukan seleksi  untuk menentukan atlet potensial yang layak diberangkatkan.

"Seleksi dulu 2 minggu ini di Medan. Jadi memang gak semua berangkat. Hanya atlet yang benar-benar siap dan mampu yang akan pergi nantinya ke Thailand. Kalau tidak bisa, buat apa kami bawa? Bila atlet tidak terpakai kami akan keluarkan,"  ucap Budiman didampingi pelatih Sadarmawati Simbolon di Medan, Minggu (12/5/2019).

Pihaknya berharap para atlet bisa menunjukkan performa terbaiknya terutama dalam hal disiplin. Pengprov KBI Sumut pun serius dengan menyiapkan Program untuk pembinaan serta peningkatan kualitas dan prestasi para atlet. Bahkan kepada atlet terbaik yang dikirimkan juga akan mendapat uang saku bulanan.

"Semoga motivasi yang diberikan, mampu meningkatkan latihan dan kemampuan atlet agar nanti bisa lebih siap menghadapi pertandingan. Pastinya akan kami lihat lagi selama seleksi. Rencana tiga atlet dan satu pelatih. Kami akan beri uang saku setiap bulannya. Saya yakin atlet akan berlomba memberikan kemampuan terbaiknya," terang Budiman.

Sementara itu, Pelatih Sadarmawati Simbolon mengatakan, persiapan yang terus dilakukan KBI Sumut demi menatap Kejuaraan nasional (Kejurnas) Kick Boxing Indonesia II tahun 2019. Event tersebut dijadwalkan berlangsung pada awal Juli mendatang di Bandung, Jawa Barat.

Adapun di Kejurnas tahun ini akan mempertandingkan 3 kelas dengan masing-masing nomor pertandingan. Empat kelas tersebut, yakni Ring Sport, Tatami, dan Musical Form untuk masing-masing kategori putra dan putri.

"Kejurnas I tahun lalu di Jakarta kami dapat dua emas, padahal cuma kirim 3 atlet.  Saat ini kami bina 15 atlet jadi tahun ini mungkin lebih banyak atlet yang dikirim, pastinya harus lebih banyak medali," kata pelatih yang akrab disapa Icen ini.

Lebih lanjut, KBI Sumut tidak sendiri karena petarung dari Survivor MMA juga akan bersama mereka untuk uji tanding di Thailand nantinya.

"Benar di sana total tiga bulan lah ditempa. Satu bulan di Thailand, balik sebentar ke Medan. Selanjutnya kembali ke Thailand selama sebulan, terus begitu sampai dapat total 3 bulan. Jadi tiga kali pulang-pergi," ungkap Owner Survivor MMA, Adi Ming.

Pihaknya pun antusias melakukan persiapan jelang ke Thailand. "AKA Thailand itu tempat para juara-juara MMA juga. Jadi memang tidak sembarangkan ke sana. Kami harus bersiap untuk itu," terangnya.

Adi Ming yang juga pelatih ini membeberkan beberapa penilaian kepada sejumlah atlet untuk seleksi nanti. Salah satunya yakni disiplin. "Setelah itu masuk ke teknik dan ilmu-ilmu dasar. Itu yang utama. Baru lah kemauan dan kemampuan atlet seperti apa. Akan nampak nanti siapa yang benar siap untuk diberangkatkan ke Thailand," katanya.

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved