Tips Agar Fokus saat Salat Menurut Prof Dharma Bakti

Untuk mencapai tingkat salat yang khusuk, kata Dharma, tentu saja jamaah perlu tahu rukun-rukun salat dan syarat sahnya salat.

Tips Agar Fokus saat Salat Menurut Prof Dharma Bakti
Tribun Medan/Gita Tarigan
Prof. Dr. Ir. Dharma Bakti saat menyampaikan Tausiyah Menyambut Ramadhan bertema Adab dan Kesempurnaan Sholat di FISIP USU, Selasa (14/5/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Menyambut Bulan Ramadan, alumni muslim Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) dan Badan Kemakmuran Musholla FISIP USU adakan serangkaian acara untuk menambah pengetahun tentang ilmu agama selama Bulan Ramadan.

Beberapa kegiatan diantaranya yaitu Tausiyah Ba’da zuhur setiap Selasa dan Kamis, dengan menghadirkan pembicara dan tema-tema yang berbeda, tema-tema yang dibawakan juga sangat menarik dan eksis dikalangan mahasiswa seperti Politik Islam dibawakan langsung oleh Dekan FISIP USU, Dr. Muryanto Amin, Halal Food oleh Prof. Dr. Ir. Hamidah Hrp, Ekonomi Islam oleh Dr. Azhari Akmal, Adab dan Kesempurnaan Sholat Oleh Prof. Dr. Ir. Dharma Bakti. Zakat Infak dan Shodaqoh oleh Ustadz Drs. M. Nuh serta tak kalah seru tentang Syariah Fiqih oleh Ustada Anshori .

Kali ini Tausiyah bertema Adab dan Kesempurnaan Sholat dibawakan Oleh Prof. Dr. Ir. Dharma Bakti. Dalam ceramahnya ia mengatakan bahwa Sholat merupakan ibadah yang tidak bisa ditawa-tawar, serta memiliki keteraturan pada setiap gerakannya, maka setiap gerakan salat harus dipahami dengan baik dan dilaksanakan sebaik-baiknya.

“Salat ini adalah ibadah yang sangat penting bagi orang mukmin, kalau ibadah yang lain masih ada keringanan-keringanan. Misalnya puasa, kalau kita sakit boleh digantikan dengan hari yang lain. Tapi salat tidak, selagi ada nyawa di kerongkongan kita, kita wajib salat, tidak bisa berdiri, sambil duduk, tidak bisa duduk berbaringlah,” katanya.

Untuk mencapai tingkat salat yang khusuk, kata Dharma, tentu saja jamaah perlu tahu rukun-rukun salat dan syarat sahnya salat. Lebih lanjut ia mengatakan harus adanya perbuatan persiapan sebelum salat dan ada perbuatan yang dilakukan ketika salat.

Melihat banyaknya kebiasaan tidak fokus dalam melaksanakan salat, Ia berbagi pengetahuan bagaimana agar salat dapat dilaksanakan dengan fokus, hikmat dan khusyuk.

“Perbuatan sebelum sholat ini banyak kita yang lalai dari mulai mengambil wudhu, kalau wudhunya sudah salah yang selanjutnya pun sudah tidak sempurna, maka ambillah wudhu sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan ilmu fiqih, pertama kita bersihkan jasmani kita, walaupun tidak tertulis untuk menghadap Allah SWT pakailah pakaian yang bersih dan sopan,” katanya.

“Setelah mengambil wudhu menuju tempat sholat kita jangan bicara-bicara, tetapkan hati kita untuk salat agar niatan tidak buyar mengingat hal lainnya, dan apabila salat sendiri pilihlah tempat paling bersih dan jauh dari lalu lalang orang,” tambahnya.

Selain itu Mushola FISIP USU juga menyediakan takjil berbuka puasa setiap harinya selama Ramadan, dan tidak kalah menarik yaitu acara peringatan nuzul qur’an dan berbuka puasa bersama dosen, pegawai dan alumni FISIP USU. (cr21/tribun-medan.com)

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved