Sukseskan SAIL NIAS 2019, Kemendes PDTT Kerahkan Pendamping Desa

Selama tiga bulan hingga puncak acara tanggal 14 September 2019 nanti, Kemendes PDTT siap kerahkan lebih dari 300 pendamping desa.

Sukseskan SAIL NIAS 2019, Kemendes PDTT Kerahkan Pendamping Desa
TRIBUN MEDAN/HO
Puncak Sail Nias 2019 akan digelar pada 14 September 2019 yang dipusatkan di area Pelabuhan Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara. Kemendes PDTT akan kerahkan lebih dari 300 pendamping desa. 

TRIBUN-MEDAN.com - Dalam rangka berpartisipasi dan mendorong kesiapan masyarakat Desa menyambut suksesnya agenda Sail Nias 2019, Kementerian Desa PDTT melalui Sekretariat Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Setditjen PPMD) mengerahkan ratusan SDM Pendamping Desa atau Tenaga Pendamping Profesional di Nias, Sumatera Utara.

Keberadaan Tenaga Pendamping Desa yang tersebar di Pulau Nias tersebut dinilai sangat strategis dalam rangka membantu promosi dan penciptaan prakondisi yang kondusif bersama-sana masyarakat sejak Tiga bulan ini hingga puncak acara Sail Nias 2019 pada tanggal 14 September 2019 yang dipusatkan di area Pelabuhan Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara.

"Selama tiga bulan hingga puncak acara tanggal 14 September 2019 nanti, Kemendes PDTT siap kerahkan lebih dari 300 pendamping desa", kata Zulkarnaen atas nama Sesditjen PPMD didampingi KN P3MD, Sukoyo dan Arwani di Hotel Same, Teluk Dalam, Nias Selatan, kemarin (13-14/05/2019).

Menurutnya, keberadaan Pendamping Desa atau Tenaga Pendamping Profesional sangat penting untuk mendorong dan menfasilitasi Desa dalam konteks transformasi nilai-nilai budaya kepariwisataan dan pendampingan komunitas pegiat wisata di Desa-desa. Selain itu, Pendamping Desa juga dapat memainkan peran sosialisasi event Sail Nias Tahun in melalui jejaring Media Sosial, baik FB, Twitter, IG dsb yang tersebar di seluruh Tanah Air.

"Ini sangat potensial untuk membantu mempromosikan agenda besar Sail Nias 2019, baik pra event, puncak acara maupun pasca event nanti. Selama ini, Pendamping Desa berperan aktif dalam menfasilitasi masyarakat dan komunitas pegiat pariwisata serta mengawal Dana Desa, sehingga diharapkan dapat lebih mendorong kesiapan warga untuk berpartisipasi menyukseskan Sail Nias maupun menggalakkan wisata di Nias di masa mendatang", tegas Zulkarnaen.

Menurutnya, pihak Kemendes PDTT yang diberi tanggungjawab sebagai PIC acara pada puncak acara yang akan dihadiri oleh Presiden, juga berharap dapat berjalan lebih meriah lagi dengan adanya kesiapan Desa-desa di sekitar lokasi dalam menyongsong era wisata bahari khususnya dan wisata budaya dan sebagainya di Nias ini.

"Kegiatan Sail Nias 2019, dengan sendirinya akan berdampak pada geliat ekonomi dan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nias secara signifikan", tegasnya.

(*/tribun-medan.com)

Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved