Pasien Meninggal Setelah Disuruh Pulang Dokter RSUD Sidikalang, Bupati Dairi Minta Maaf

Eddy mengaku telah membentuk tim untuk menyelidiki kasus ini. Hasilnya, tidak ada ditemukan kesalahan prosedural.

Pasien Meninggal Setelah Disuruh Pulang Dokter RSUD Sidikalang, Bupati Dairi Minta Maaf
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Pasien Meninggal Setelah Disuruh Pulang Dokter RSUD Sidikalang, Bupati Dairi Minta Maaf. Bupati Dairi Eddy Berutu menjelaskan perihal kasus kematian pasien Romauli, ibu muda yang meninggal dunia usai disuruh pulang dokter RSUD Sidikalang, Rabu (15/5/2019) malam di Kantor Bupati Dairi, Sidikalang. Bupati didampingi wakilnya, Jimmy Sihombing, dan Sekdakab Dairi Sebastianus Tinambunan. 

Pasien Meninggal Setelah Disuruh Pulang Dokter RSUD Sidikalang, Bupati Dairi Minta Maaf

TRIBUN-MEDAN.com- Kasus kematian Romauli br Simamora (24), ibu muda warga Desa Pandiangan, Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi yang meninggal dunia usai disuruh pulang pihak RSUD Sidikalang, mendapat perhatian serius dari Bupati Dairi Eddy Berutu.

Eddy mengaku telah membentuk tim untuk menyelidiki kasus ini. Hasilnya, tidak ada ditemukan kesalahan prosedural.

Dokter dan paramedis IGD RSUD Sidikalang yang menangani pasien Romauli, kata Eddy, sudah memberikan penanganan sesuai prosedur operasional standar.

"Saya bersama wakil, Sekda, Kadis Kesehatan, dan Direktur RSUD Sidikalang sudah membentuk dua tim untuk melakukan audit investigasi. Tidak sempurna tentunya, karena kami tidak bisa melakukan autopsi," ujar Eddy.

Adapun kekurangan pihak RSUD Sidikalang, lanjut Eddy, ialah rasa empati petugas dokter yang menyuruh pulang pasien Romauli ke desa tanpa mempertimbangkan waktu yang sudah larut malam, serta jarak tempuh yang jauh.

Eddy mengungkapkan, bidan desa selaku pembawa pasien Romauli ke RSUD Sidikalang sempat berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan perihal kondisi kesehatan Romauli.

Namun, dokter spesialis tersebut menyatakan tidak ada indikasi darurat, sehingga pasien tidak dirawat inap dan disuruh pulang.

Eddy pun mengapresiasi kesigapan bidan desa dan Kepala Desa Pandiangan yang telah memberi pelayanan optimal, serta membawa pasien Romauli ke RSUD Sidikalang tepat waktu.

"Saya sudah instruksikan Direktur RSUD Sidikalang untuk memberi pembinaan dan pelatihan penanganan kegawatdaruratan di IGD secara berkesinambungan, serta pelatihan etika profesi bagi seluruh tenaga kesehatan yang ada," tutur Eddy.

Halaman
1234
Penulis: Dohu Lase
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved