Rekapitulasi Tingkat Provinsi Molor Lagi, Ini Catatan JaDI Sumut

KPU Provinsi Sumatera Utara telah melakukan penundaan rekapitulasi beberapa kali sejak di mulai tanggal 6–9 Mei 2019.

Rekapitulasi Tingkat Provinsi Molor Lagi, Ini Catatan JaDI Sumut
Tribun Medan/Indra Gunawan
Komisioner KPU Deliserdang Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Syahrial Efenddy sedang memantau jalannya rekapitulasi Rabu, (15/5/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Terlambatnya proses perhitungan dan rekapitulasi suara tingkat provinsi di Sumatera Utara yang disebabkan belum selesainya proses di dua Kabupaten yakni Deliserdang dan Nias Selatan, menjadi catatan Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Sumut.

Sekretaris JaDI Sumut Muhammad Rizwan, kepada Tribun/www.tribun-medan.com, pihaknya menduga adanya sejumlah penyebab lambannya proses rekapitulasi di Sumatera Utara.

"KPU Provinsi Sumatera Utara telah melakukan penundaan rekapitulasi beberapa kali sejak di mulai tanggal 6–9 Mei 2019, sampai dengan hari ini 15 Mei dan ini diperpanjang kembali menjadi 18 Mei,"ujarnya, Kamis (16/5/2019).

Rizwan mengatakan kendala yang ditemukan yaitu terkait petunjuk teknis (juknis) pemberlakuan lebih dari empat panel pada tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ditetapkan KPU RI.

"Namun sangat disayangkan pada saat rekapitulasi di tingkat kecamatan PPK tidak siap karena juknisnya tidak detail dalam penjelasannya," ujarnya.

Keterbatasan anggaran, ujar Rizwan, juga menjadi penghambat jalannya proses rekapitulasi tersebut.

"Apakah anggaran rekapitulasi di tingkat PPK atau didesain untuk beberapa panel dari jumlah TPS yang ada," katanya.

Menurut Rizwan, prosedur percepatan rekapitulasi juga tidak boleh menyalahi anggaran yang telah ditetapkan, untuk menghindari pelanggaran lainnya.

Dikatakannya, lemahnya supervisi dan monitoring yang dilakukan juga menyebabkan lamanya proses perhitungan tersebut.

"Seharusnya KPU RI dapat melakukan pencegahan dari awal terhadap jajarannya mulai dari KPPS, PPS, PPK, KPU Kabupaten/Kota dan KPU Provinsi dengan supervisi/monitoring yang intensif ," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved