Presiden Joko Widodo Tinjau Kawasan Mandalika untuk Persiapan MotoGP 2021

Setelah proses homologasi selesai, kemudian akan dilanjutkan dengan proses penyusunan DED (Detailed Engineering Design)

Presiden Joko Widodo Tinjau Kawasan Mandalika untuk Persiapan MotoGP 2021
Motogp.com
Layout sirkuit Mandalika di Lombok untuk tuan rumah MotoGP 2021. 

TRIBUN-MEDAN.com-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ( Jokowi) meninjau persiapan penyelenggaraan ajang balap motor dunia MotoGP di KEK Pariwisata Mandalika atau The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Peninjauan dilakukan pada hari Jumat (17/5/2019) ini. Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

Di kawasan, rombongan presiden diterima oleh direksi dan jajaran manajemen PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC yang merupakan BUMN pengembang dan pengelola The Mandalika.

"Kami sangat bersyukur Bapak Presiden Joko Widodo berkenan kembali datang mengunjungi The Mandalika setelah meresmikan beroperasinya KEK Mandalika Oktober 2017 lalu," kata Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer, dalam rilis dari ITDC kepada Kompas.com, Jumat siang. 

"Kunjungan Presiden ini merupakan bentuk dukungan dan memberikan semangat bagi kami untuk terus fokus mempersiapkan event balapan MotoGP Mandalika 2021," ujarnya menambahkan.

Kunjungan Jokowi ke kawasan Mandalika merupakan tindak lanjut dari pertemuannya dengan pihak manajemen Dorna di Istana Bogor pada 11 Maret 2019 lalu.

Pemerintah Indonesia menyampaikan komitmen untuk mendukung persiapan infrastruktur penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2021, melalui penyiapan akses jalan langsung dari Bandara International Lombok ke The Mandalika.

Selain itu, akan dilakukan pula perpanjangan lintasan pesawat (runway) di Bandara Internasional Lombok (BIL), pengembangan pelabuhan Gili Mas menjadi cruise terminal, serta infrastruktur di sekitar kawasan.

Terkait persiapan pembangunan street circuit Mandalika, saat ini sudah dilaksanakan sejumlah kegiatan antara lain survey lokasi, topografi, pemasangan pagar, land clearing, serta penyusunan desain sirkuit (homologasi).

Setelah proses homologasi selesai, kemudian akan dilanjutkan dengan proses penyusunan DED (Detailed Engineering Design).

Halaman
123
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved