Breaking News:

Dua Peneliti Muda dari Chandra Kesuma akan Wakilkan Sumut di MOskow

International Conference of Young Scientists (ICYS) ke-XVIII

Penulis: |
TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - International Conference of Young Scientists (ICYS) ke-XVIII akan diselenggarakan di Moscow, Rusia, pada 24-29 April 2011 mendatang. Ternyata Tiga belas siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Indonesi yang akan berangkat ke Moscow terdapat dua orang siswa SMP asal Medan,  yaitu Michjel sunarto kelas IX dan Fiadly Josua Pattirajawane VII dari Sekolah Chandra kesuma School yang akan memwakil Sumut di Mata dunia dalam bidang penelitian, Rabu (13/4).

Michael Sunarto ketiaka di temui di SMP Chandra Kusuma di Cemara Asri Medan mengatakan dirinya akan turun di dalam bidang Matematika di ICYS, dengan judul penelitian Fibonacci Numbers. Dimana ia dengan penelitiannya tersebut, diharapkan memudahkan orang dalam menjumlahkan deret angka dalam menghitung tanpa dengan menggunakan alat.

“Finocchi Numbers, diharapkan dapat memudahkan dalam menghitung deret angka, tanpa menggunakan alat,” sebutnya.

Ia sendiri tak menyangka, bahwasannya dirinya akan memwakili Sumut dalam bidang penelitian dan hal ini merupakna kebanggan bagi dirinya. Sebab, kesempatan seperti jarang didapatkan.

“bangga kali lah pak, siapan ngk mau ke Moscow, apalagi mewakili Sumut,” ucapnya

Senada juga diucapkan, Fialdy Josua Pattirajawane siswa kelas VII SMP Chandra Kusumam yang akan turun dalam bidang Ekologi, dengan judul penelitian Eco Friendly Paper atau merbah batang pisang menjadi kertas. Diirnya mengatakan tertariknya ia dengan penelitian tersebut dikarenakan, Indonesia sebagai Negara tropis banyak di tumbuhi batang pisang, namun banyak yang belum mengetahui manfaatnya, yang bias di jadikan kertas.

“Biasanya batang pisang itukan dibakar orang-orang, nah disini atas inspirasi yang didapat dari Jessalin wiliiem teman sekelas saya, batang pisang akan di jadikan kertas,” ucap anak kelas VII SMP ini

Fialdy sendiri merasa sangat senang dengan keluarnya namanya memwakili Sumut di Moskow. Ia juga mendapat selamat dari orang tuanya yang tidak menyangka dirinya bisa ikut kompetisi peneliti muda tersebut.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved