Jembatan Tenggarong Roboh

Satu Unit Bus Terdeteksi

Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) mendeteksi adanya sebuah bus di

Satu Unit Bus Terdeteksi
Tribun Kaltim/Fachmi Rachman
Tim gabungan yang berada di Posko SAR Taman Pedestrian melihat crane yang baru tiba di tempat kejadian perkara (TKP) Jembatan Kartanegara
TRIBUN-MEDAN.com,TENGGARONG - Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) mendeteksi adanya sebuah bus di reruntuhan Jembatan tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) yang ambruk beberapa waktu lalu.

Dari tujuh titik indikasi obyek hasil side scan sonar analisis BPPT, telah dilakukan penandaan di dua titik oleh tim SAR. Berdasarkan penyelaman maka salah satu dari 2 titik tersebut adalah bus yang tenggelam bersama runtuhnya jembatan Tenggarong, Kutai Kartanegara.

"Jadi dugaan adanya bus yang ikut tenggelam saat jembatan runtuh ternyata dapat dideteksi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam rilis yang diterima Tribunnews.com, Kamis (1/12/2011) pagi.

Sedangkan lima titik lainnya, menurut Sutpo, akan dilakukan marking oleh tim BPPT bersama tim Brimob dan Kopaska pada pagi ini.

"Siang hari ini, akan dilakukan pemetaan multibeam untuk mengetahui profil tiga dimensi secara vertikal lebih detil," jelas Sutopo.

Side scan sonar dan multibeam echosounder merupakan alat canggih yang biasanya dioperasikan di kapal riset Baruna Jaya BPPT untuk survei laut di berbagai perairan di Indonesia.(*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved