Citizen Reporter

Februari DEA Buat Pelatihan Modus Jaringan Mafia Narkoba

Drug Enforcement Administration (DEA) melakukan kunjungan kerjasama Ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut

Kombes Andjar Dewanto, Direktur Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut

Laporan Wartawan Tribun Medan / Feriansyah Nasution

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Drug Enforcement Administration (DEA) melakukan kunjungan kerjasama Ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut.  Yang datang tiga perwakilan, yakni agen khusus DEA, Bryan Barger, Atase Kantor Perwakilan DEA Jakarta Eric L Williams dan Asisten Administrasi DEA Travella Ayu.

DEA baru buka cabang di Jakarta sekitar tujuh bulan lalu. Sebagai pejabat baru mereka datang kesini untuk menjalin kerjasama, baik operasional maupun pelatihan-pelatihan.

Kedatangan kemari untuk menjalin kerjasama dengan Polda Sumut khusus masalah narkoba. Khususnya juga untuk pengungkapan kasus-kasus bertaraf internasional. Karena secara jaringan mereka sudah ada di 62 negara. Kita boleh meminta informasi dan mengirimkan data-data yang berkaitan jaringan internasional. Jaringan pemain lokal juga bisa, tetapi yang kasus-kasus besar.

Contoh yang mau dikerjasamakan, seperti yang kita tangkap 3 Kg Sabu dari pelabuhan di Tanjung Balai. Kan ada jaringannya di Malaysia, yang seperti itu yang akan diberikan informasi untuk mereka.

DEA tidak bisa menangkap, mereka hanya membantu pemberian informasi data-data kemudian pelatihan pelatihan.

Sekitar pertengahan Februari DEA berencana mengadakan pelatihan di Medan. Mereka akan kirim orang nanti dari Amerika untuk mengisi pelatihan.

Kepada kami, DEA, banyak menjelaskan modus-modus baru penyelundupan narkotika. Seperti di Columbia, dengan menggunakan kapal selam.

Saya juga minta nantinya diadakan pelatihan berkaitan dengan control delivery, undercover buy, investigasion. (fer/tribun-medan.com)

Penulis: Feriansyah
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved