Citizen Reporter

Kenalkan Medan pada Pelajar Asing

Pemko Medan sudah mencanangkan program Medan Visit Year 2012. Selain untuk mendatangkan sebanyak-banyaknya turis

Kenalkan Medan pada Pelajar Asing
TRIBUN MEDAN / IST
Kota Medan
Laporan Wartawan Tribun Medan, Momo Regar

TRIBUN-MEDAN.com - Pemko Medan sudah mencanangkan program Medan Visit Year 2012. Selain untuk mendatangkan sebanyak-banyaknya turis, untuk program jangka panjang kita ingin membawa investor untuk menanamkan modalnya di Medan. 

Medan punya banyak potensi wisata, mulai dari beragam pilihan kuliner dengan rasa yang lezat, kualitas kerajinan tangan UMKM yang berkualitas, hingga bangunan bersejarah yang menarik. Sejalan dengan hal tersebut, sebagai langkah awal, Asosiasi Sister City Medan, bekerja sama dengan Kadin Medan, menyiapkan pemuda-pemudi sebagai duta wisata dan duta kebudayaan Medan melalui kegiatan pertukaran pelajar.


Bayu Fadlan
Ketua Asosiasi Sister City dan Kadin Medan

Mengapa kita memilih pertukaran pelajar?
Kami yakin melalui pertukaran pelajar, para generasi muda luar negeri yang berkunjung ke Medan bisa diubah persepsinya tentang kota ini. Program pertukaran pelajar selain bertujuan mengenalkan kebudayaan yang ada di Medan, juga kita tekankan agar pertukaran pelajar diisi dengan kurikulum pengenalan usaha-usaha yang ada di Medan. Misalnya, dalam agenda pertukaran pelajaran, para pemuda tersebut  diperkenalkan ke lokasi industri di Medan, kawasan kuliner, dan kawasan sejarah. 

Anak-anak muda itu perlu dikenalkan dengan kekayaan sawit kita, bagaimana proses pengolahannya. Diperlihatkan juga kepada mereka bahwa Medan juga punya kawasan industri  maju. Sehingga mereka menyadari bahwa kota ini adalah kota modern dan memiliki banyak potensi yang perlu digali. Apalagi  anak muda sekarang melek teknologi. Dengan dukungan teknologi yang membuat batas-batas wilayah semakin tak berarti. Seperti kebiasaan mereka yang tergabung dengan jejaring sosial. Membuat para pemuda ini lebih mudah membagi cerita dan menyebarluaskan pengalaman mereka saat mengikuti pertukaran pelajar ke Medan.

Konsep ini sudah kami terapkan pada pertukaran pelajar ke  Ichikawa dengan murid-murid SMAN 1, SMAN 4 dan SMA Harapan. Hasil nyatanya adalah kerja sama Medan-Ichikawa semakin terbuka lebar. Konsul Jepang untuk Medan, Yuji Hamada, tertarik untuk menjembatani kerja sama Medan-Ichikawa.(mom)

Penulis:
Editor: Ismail
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved