Citizen Reporter

Munas 3 Hari di Anyer

ASOSIASI Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) 26-28 Maret, di Anyer, Banten.

TRIBUN-MEDAN.com - ASOSIASI Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) 26-28 Maret, di Anyer, Banten.

Pada munas itu kita membahas agenda agenda internal asosiasi termasuk juga membahas program program yang dibawakan oleh masing masing daerah. Totalnya, kita memiliki 29 DPW dan 11 DPD.

Tapi hal baru yang terjadi di dalam Munas kemarin adalah akan bergabungnya PT Pos Indonesia menjadi satu anggota Asperindo. Dengan bergabungnya PT Pos ini, maka kepanjangan Asperindo pun ikut berubah menjadi Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia. Mereka sudah lama menyatakan ingin bergabung dan pada Munas kemarin sudah dibuktikan dengan kehadirannya, meski masih sebagai peninjau.

Sebagai perwakilan Sumut, ada beberapa program kerja yang juga kita bawakan dalam rapat. Satu di antaranya adalah agar Asperindo mampu melobi maskapai penerbangan di masing masing daerah untuk menangani langsung pengiriman barang/kargo. Bukan melalui perusahaan yang menjadi sub maskapai. Akibatnya pengiriman paket kargo tidak maksimal. Bila ditangani langsung oleh maskapai pengiriman barang dapat sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.

Berikutnya adalah masalah regulated agent (RA). Kalau masalah ini memang sejak awal sudah kita kritisi. Dalam hal ini kita bukan menolak, tapi akan lebih fokus terhadap tarif yang nantinya diberlakukan. Dalam penerapannya nanti, kita akan tetap pantau.

Lalu kita juga membahas masalah program kepengurusan empat tahun ke depan. Termasuk bagaimana meningkatkan kinerja masing masing daerah. Intinya adalah bagaimana komitmen Asperindo untuk membangkitkan usaha jasa pengiriman di berbagai daerah. Termasuk berbagai regulasi yang ada. (ers)

Penulis:
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved