Breaking News:

Menteri Swedia Dituding Rasis, Potong Kue Wanita Suku Afrika

Menteri Kebudayaan Swedia, Lena Adelsohn Liljerot, didesak mundur atas

TRIBUN-MEDAN.com - Menteri Kebudayaan Swedia, Lena Adelsohn Liljerot, didesak mundur atas tuduhan rasis, setelah memotong sebuah kue berbentuk seorang wanita anggota sebuah suku di Afrika.


Hal itu terjadi di Museum Seni Modern Stocholm, Swedia beberapa waktu lalu. Menurut Radio Swedia, pihak museum kue itu ditujukan sebagai simbol dari persoalan sunat perempuan.


Namun Asosiasi Swedia Afrika, menilai hal itu berbau rasialis dan menyerukan kepada Lena untuk mengundurkan diri. "Mereka mengatakan bahwa melakukan ini untuk tujuan baik, tetapi malah mengolok-olok korban rasisme dan sunat semakin lebih buruk," ujar asosiasi tersebut seperti dikutip BBC, Rabu (18/4/2012).


Sementara, seniman yang membuat kue itu, Makode Linde, warga negara Swedia keturunan Afrika, mengatakan, karyanya telah di salah artikan.


"Saya berharap orang-orang di Asosiasi Nasional untuk Swedia Afrika lebih sadar akan karya seni yang saya lakukan," ucapnya.


Lena sendiri, yang dimintai tanggapanya atas insiden ini mengaku, kue tersebut memang bisa sangat profokatif.


"Ini merupakan situasi yang sangat aneh, saya diundang untuk berbicara dalam Hari Seni Dunia yang mengambil tema tentang kebebasan berkesenian dan hak untuk profokatif, dan mereka meminta saya untuk memotong kue itu," tuturnya.


Kue itu sendiri, serupa dengan tubuh atas seorang wanita Afrika yang telanjang bulat, dan dipenuhi dengan spons berwarna merah darah.

Editor: Muhammad Tazli
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved