Medan Tidak Kalah Dengan Jogja

Saya tertarik pula berbicara terkait Medan. Meski sebagai kota tujuan bisnis, Medan sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Jogjakarta.

General Manager Blue Bird Cabang Medan, Robert Purba

TRIBUN-MEDAN.COM, Saya tertarik pula berbicara terkait Medan. Meski sebagai kota tujuan bisnis, Medan sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Jogjakarta. Kalau di Jogjakarta ada kerajaan-kerajaan Jawa, maka di Medan terdapat kesultanan-kesultanan. Tetapi push yang kurang mengena di lingkup pariwisata nasional dan dunia, mengakibatkan daya jual pariwisata Medan kalah jauh dibanding Jogjakarta.

Coba deh lihat di Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng, masing-masing kota atau provinsi di Indonesia berlomba-lomba memperomosikan wisatanya di bandara tersebut. Sementara Medan, tidak pernah tuh saya lihat. Itu yang membuat keheranan saya begitu kuat di sini.

Beberapa waktu lalu pemerintah kota Medan mengaku akan menggalakkan Medan Visit Year 2012. Kenyataannya, promosi di internal Medan saya lihat masih minim dirasakan. Bagaimana wisatawan mau berkunjung sementara promosinya tidak jalan.

Kota-kota lain di Indonesia termasuk Jakarta sukses menghadirkan masyarakat luar daerah bukan karena sisi bisnis semata. Peran pihak ketika pun turut andil didalamnya misalkan EO. Di Medan saya percaya sangat banyak EO yang beroperasi. Kenapa ya Pemko Medan tidak mau merangkul mereka untuk menggelar event yang bertaraf nasional. Dengan demikian, daya jual pariwisata Medan dan Sumatera Utara akan bisa terdongkrak naik.(Irf/tribun-medan.com)

Penulis: Irfan Azmi Silalahi
Editor:
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved