Laporan wartawan Tribun Medan/ Wiwi Deriana

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN – Masyarakat tidak boleh sembarangan pasang kawat gigi karena berhubungan dengan tulang gigi (periodontal). Hal ini disampaikan oleh drg Sandra Mega, pemilik Dental Mega Clinic dan PNS di Langkat.

Sandra mengatakan tukang gigi tidak belajar bagaimana struktur dari gigi dan pemasangan dari kawat gigi itu sendiri. Terkadang mereka hanya menempelkan saja kawat giginya. Akibatnya gigi akan semakin memburuk dan bisa menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Sandra menuturkan pemasangan kawat gigi harus dilakukan oleh orang-orang yang benar-benar berkompeten. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Sebagai dokter yang bertugas di daerah, Sandra sering menghadapi kendala dengan bahasa. Apalagi bahasa daerah tempat dia ditugaskan tidak dapat dimengertinya sama sekali.

"Saya sering tidak mengerti bahasa daerah tempat saya bertugas dan kadang di daerah, penduduknya lebih dominan memakai bahasa daerah sehingga sering terjadi ketidaksepahaman karena saling tidak mengerti. Untuk itu saya sarankan sebaiknya sebelum bertugas ke daerah, seorang dokter minimal harus mengetahui dan mengerti bahasa daerah tempat dia ditugaskan," katanya.

(der/tribun-medan.com)