Chairuman Bangun Rel Kereta Api Sampai Sibolga

Puluhan tahun sudah jalur kereta api di Sumatera Utara hanya ada mulai

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arifin Al Alamudi

TRIBUN-MEDAN.com, LABUHANBATU SELATAN - Puluhan tahun sudah jalur kereta api di Sumatera Utara hanya ada mulai Binjai sampai Rantau Prapat, Labuhanbatu. Calon Gubernur Sumut, Chairuman Harahap menilai itu menjadi satu faktor terhambatnya pembangunan di Sumut. Untuk itu, ia bertekad akan membangun sarana perkeretaapian yang lebih optimal dengan penambahan jarak tempuh sampai ke Kota Sibolga.      

"Bukan hanya sampai ke Kota Pinang (Labuhanbatu Selatan) saja, tapi kereta api kita harus sampai Kota Sibolga. Kenapa sampai Sibolga, ini agar jalur perdagangan kita semakin terbuka, dan ekspor kita juga lebih dekat," katanya saat bersilaturrahmi dengan ratusan kader DPD Golkar dan DPC PPP di  Kantor DPD Partai Golkar Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Rabu (6/2) malam.

Menurut Cagub nomor urut 3 ini, perkeretaapian harus lebih berkembang dibanding yang sudah ada hasil peninggalan model Belanda itu. Karena di luar negeri untuk pembangunan kereta apinya sudah lebih modern, termasuk membangun double track.

"Bagi kita kereta api adalah alat transfortasi utama. Kalau itu terjadi akan ada penghematan pada premium, solar, karena kita tahu dengan fasilitas kereta api yang lebih baik, nyaman atau bahkan modern, bisa mendukung secara positif  pertumbuhan Sumut kedepannya," ungkap Anggota DPR RI Komisi VI ini.

Dengan kehadiran kereta api sampai Kota Sibolga, tambahnya, juga diharapkan ikut didukung pembangunan pelabuhan lainnya selain yang ada di Belawan. Agar tercipta keseimbangan jalur perdagangan yang didukung jalur darat dan laut.
Untuk jalur udara, mantan Kajati Sumut tersebut berharap kelak memenangi Sumut satu, sangat membuka diri pembangunan bandara dibuka di wilayah Labuhanbatu yang kini mekar menjadi Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan.

"Kalau memang ini bisa kita wujudkan ke depan, kenapa tidak, kita cari lahannya, tapi Aek Godang juga masih bisa kita maksimalkan, bila perlu ditingkatkan, karena dekat dari mana-mana,"jelasnya.

Dikesempatan acara silaturrahmi ini, Ketua Tim Pemenangan CH-Fadly di Labusel, Effendi Harahap bersama Ketua DPD Golkar Labusel Rahmadi menyerukan seluruh pengurus wajib masuk ke desa di dalam mensosialisasikan Chairuman Harahap-Fadly. Sebagaiaman visinya membangun dari desa.

"Pak Chairuman adalah calon yang paling tepat dipilih golkar, saya kira golkar berkeyakinan dengan beliau pilihan yang tepat. Tingkat ketokohan beliau sangat-sangat tidak perlu dikhawatirkan. Ini yang perlu dalam sosialisasi kita ke masyarakat," tambahnya.


(rif/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved