CCAI Donor Darah untuk PMI Medan

PMI mengakui stok darah yang ada di PMI Cabang Medan selama ini hanya mampu mencukupi 25 persen dari total kebutuhan yang ada.

Laporan Wartawan Tribun Medan/Averiana Barus

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - PMI mengakui stok darah yang ada di PMI Cabang Medan selama ini hanya mampu mencukupi 25 persen dari total kebutuhan yang ada. Mengamati pengalaman tahun sebelumnya menjelang bulan puasa hingga lebaran permintaan darah di Kota Medan cukup tinggi.

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari beberapa media, seharusnya persediaan darah di PMI Medan minimal 100 kantong per hari untuk setiap golongan darah, karena kebutuhan darah mencapai 50 hingga 100 kantong per hari, Selasa (18/6/2013).

Sementara dari informasi lainnya yang berhasil dihimpun, persediaan darah di beberapa Kabupaten dan kota di Sumatra Utara juga sangat minim, dari bulan ke bulan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) mengaku selalu mengalami kesulitan untuk mendapatkan pasokan darah dari para pendonor. Untuk mecukupi kekurangan tersebut, PMI masih banyak kendala melakukan sosialisasi betapa pentingnya donor darah.

Berangkat dari hal tersebut diatas Coca-Cola Amatil Indonesia dan dalam rangka hari Donor Darah Se Dunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni 2013, bersama Masyarakat melalui Corporate Affair NSO Medan mengajak para pihak dalam hal ini Kecamatan Medan Labuhan, komunitas masyarakat zona 1 sekitar pabrik dan Karyawan Coca Cola Amatil Indonesia Northern Sumatera bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia untuk mengikuti program Donor Darah CCAI yang akan diselenggarakan Selasa, 18 Juni 2013 di Pabrik CCAI Northern Sumatera ( Plant Medan Martubung )

Dalam kesempatan ini, Putri Silalahi Media Relation Manager National Office, menyatakan ‘Program Donor Darah CCAI merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan karyawan kami dan kali ini melibatkan masyarakat sekitar Zona 1 pabrik dimana CCAI beroperasi. Kami bangga sebagai bagian dari masyarakat industri karena dalam diri setiap karyawan kami telah tumbuh kesadaran untuk terus membantu program pemerintah khususnya PMI dan Dinas Kesehatan, dalam membangun kesadaran masyarakat untuk menjalankan gaya hidup sehat yang aktif melalui donor darah secara rutin dan teratur.

Dalam keterangan Persnya, Penanggung Jawab PMI dr Maulana menginformasikan kegiatan donor darah hari ini berhasil mengumpulkan sebanyak 40 labu darah.

(cr2/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved