HIV AIDS

Perhatian, Perempuan Lebih Rentan Tertular HIV/AIDS

Dibandingkan kaum pria, perempuan lebih rentan berisiko terkena HIV/AIDS. Apalagi bentuk kelaminnya paling mudah dimasuki virus

Editor: akb lama
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Bagikan Bunga: Sejumlah aktivis membagikan bunga dan penggalangan dana pada memperingati hari HIV AIDS se Dunia di area Car Free Day, jalan Pahlawan, Kota Semarang, Jateng, Minggu (1/12/2013). Berbagai kegiatan dilakukan dari beberapa komunitas pegiat HIV AIDS untuk memperingati hari HIV AIDS yang serentak diperingati pada 1 Desember. (Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan) 

TRIBUN-MEDAN.com - Dibandingkan kaum pria, perempuan lebih rentan berisiko terkena HIV/AIDS. Apalagi bentuk kelaminnya paling mudah dimasuki virus dari pasangannya yang ODHA. Celakanya kesadaran kaum hawa ini masih sangat kurang.

"Adanya ODHA yang berasal dari kalangan ibu rumah tangga karena tertular suaminya  adalah menjadi bukti nyata HIV/AIDS rentan terjadi pada perempuan," kata Chya Wibisono dari  Ikatan Perempuan Positif Indonesia saat peluncuran novel Dari Hati di Toko Buku Gramedia Matraman, Minggu (1/12/2013).

Dibandingkan kaum hawa, stigma ODHA perempuan juga lebih menyakitkan. Meski tertular bukan karena perilakunya, tetap saja diskriminasi dirasakan.

Salah satunya masih ada pandangan bahwa perempuan ODHA karena pergaulan bebas, suka berganti pasangan. Padahal, penderitaan itu justru dipicu ulah suaminya yang suka jajan di luar.

Disinggung mengenai organisasi IPPI,  Chya mengatakan,  organisasi ini berusaha memperdayakan,  memperkuat kemampuan pribadi.

"Kami juga  membantu penyandang HIV lainnya mendapatkan atas hak layanan kesehatan hak pendidikan anak-anak yang dilahirkannya," katanya sambil menambahkan saat ini IPPI jaringan 22 provinsi. (*)

Perhatian, Perempuan Lebih Rentan Tertular HIV/AIDS
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved