Pemkab Simalungun Siap Bangun Pusat Agrowisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun akan membangun pusat agrowisata di Kecamatan Purba pada 2015 mendatang

Laporan Wartawan Tribun Medan / Abul Muamar

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun akan membangun pusat agrowisata di Kecamatan Purba pada 2015 mendatang. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Simalungun, Mixnon A Simamora, Kamis (10/7/2014), saat dihubungi.

Mixnon mengatakan, pembangunan akan dimulai setelah pihaknya menyelesaikan pembangunan rest-area di kawasan tersebut. "Mulai dari Galang, tembus ke Doloksilau, ke Seribudolok, langsung ke Purba, Simarjarunjung ke Parapat. Nanti di Purba akan kita buat di situ rest areanya. Di sana nanti ada restauran, pertunjukan kerajinan dan kesenian Simalungun. Nanti wisatawan bisa singgah di sana.

Sebelum pembangunan dimulai, pemkab Simalungun terlebih dahulu akan membuat pusat percontohan pertanian di daerah tersebut, yang terdiri dari berbagai tanaman pertanian, termasuk buah-buahan. "Kita akan membuat percontohan di sana, sekaligus Agrowisata. Rest areanya tahun ini kita kerjakan. Untuk agrowisatanya mulai 2015 lah kita jadikan prioritas untuk dibangun," ujarnya.

Terkait maraknya desakan petani untuk mengembangkan melon di Simalungun, Mixnon mengatakan akan membahas hal tersebut dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Simalungun. "Ya, saya kira memang melon cocok ditanam di Simalungun, sehingga nanti kita tak lagi menjadi importir, tapi eksportir," ujarnya.

Saat ini, pemkab Simalungun memang tengah gencar mengembangkan potensi pertaniannya, mengingat alam yang mendukung.

(Cr1/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved