KPU Siantar Ajukan Rp 600 Juta untuk Pilkada 2015

KPU Pematangsiantar mengajukan anggaran sebesar Rp 600 juta untuk pelaksanaan Pilkada 2015.

Laporan Wartawan Tribun Medan / Abul Muamar

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - KPU Pematangsiantar mengajukan anggaran sebesar Rp 600 juta untuk pelaksanaan Pilkada 2015. Hal tersebut dikatakan Komisioner KPU Pematangsiantar Batara Manurung, Senin (4/8/2014).

Batara menyebutkan, jumlah tersebut sudah termasuk untuk membayar upah para anggota PPK dan PPS nantinya. Pengajuan anggaran tersebut akan disampaikan dalam P-APBD 2014.

"Itu udah termasuklah untuk menggaji anggota PPK dan PPS," ujarnya.

Ditanya apakah jumlah tersebut cukup, Batara mengaku jika meminta anggaran terlalu besar akan sangat berpotensi menimbulkan opini negatif dari masyarakat.

"Nanti kita minta besar-besar payah. Soalnya ini pilkada, bukan pilpres. Kalau pilpres iyalah, karena kita kan cuma pelaksana ajanya. Semua aturan sudah ditentukan. Kita tinggal menjalankan aja. Kalau ini kan tidak begitu," katanya.

Batara mengatakan, anggaran untuk Pilkada 2015 akan masuk dalam dua tahapan anggaran APBD.

"Pertama P-APBD 2014, dan kedua APBD 2015," katanya.

Menurut Batara, Pilkada di Pematangsiantar akan digelar sekitar bulan Mei atau Juni.

"Sesuai ketentuan sepertinya sekitar bulan 5 atau bulan 6. Dan menurut ketentuan, 7 bulan sebelumnya kita harus sudah bikin persiapan," katanya.

Batara mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa tahapan persiapan Pilkada 2015.

"Ada beberapa tahapan yang sudah kita lakukan. Pertama, sosialisasi ke masyarakat tentang syarat pencalonan, kemudian tahapan dan jadwal, kemudian rekrutmen penyelenggara ad-hoc dalam hal ini anggota PPK PPS, dan pengajuan anggaran untuk ditampung di P-APBD tahun ini," katanya.

Untuk calon yang berasal dari non-parpol, diharuskan memiliki dukungan minimal 5 persen dari total jumlah penduduk Siantar.

"5 persen pendukung awal kalo untuk jalur perseorangan. Kalau untuk jalur parpol ada dua. Pertama jumlah alokasi kursi di DPRD, kedua jumlah perolehan suara partai pada pemilu 2014," kata Batara. (cr1/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved