Festival Danau Toba 2014

BREAKING NEWS: Wamen Akui Koordinasi Panitia FDT Masih Lemah

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengakui, koordinasi diantara Kementerian, Pemerintah Provinsi Sumut

BREAKING NEWS: Wamen Akui Koordinasi Panitia FDT Masih Lemah
TRIBUN MEDAN / RISKI CAHYADI
Ratusan penari membentangkan kain ulos terpanjang di dunia pada pembukaan Festival Danau Toba (FDT) di Balige, Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara, Rabu (17/9/2014). Bentangan kain Ulos yang ditenun dua pengrajin sepanjang 500 meter itu telah memecahkan rekor Muri sebagai kain tenun khas Sumut terpanjang di dunia. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Liston Damanik

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengakui, koordinasi diantara Kementerian, Pemerintah Provinsi Sumut, dan Kabupaten Toba Samosir dalam mempersiapkan Festival Danau Toba 2014 masing belum kompak.

"Ini kan tahun kedua penyelenggaran FDT, jadi masih malu-malu. Koordinasi memang jadi hal yang paling sulit," kata Nirwan saat acara konferensi pers di TB Silalahi Center, Rabu (17/9/2014).

Menurutnya, pemerintah pusat selain ikut patungan dana untuk penyelenggaraan acara sekitar Rp 2 miliar, juga berperan dalam mempromosikan acara ini di tingkat nasional dan internasional.

Nirwan mengatakan, persiapan juga cukup dipengaruhi Pemilu Presiden.

"Tapi, ini kan masih tahun kedua. Dua tahun itu belum seberapa," katanya.

Tokoh Tobasa, TB Silalahi, mengaku dimintai tolong oleh Wakil Menteri Sapta Nirwandar untuk membantu persiapan FDT 2014 yang belum maksimal.

"Saya tanya (ke Wamen Nirwandar), ada nggak uangnya? Katanya, nggak ada," ujarnya dengan nada bercanda.

Menurut Silalahi, jika Tobasa ingin memajukan pariwisatanya, maka masyarakat lah yang harus lebih getol memunculkan inisiatif-inisiatif.

"Jangan terlalu berharap kepada pemerintah. Tapi kalau dia punya duit (Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif) ya mbok dikasih kesini," kata penasihat Presiden SBY ini disambut tawa peserta konferensi pers.

(ton/tribun-medan.com)

Ikuti berita eksklusif Festival Danau Toba di Balige, Tobasa dari reporter kami hanya Tribun-Medan.com sesaat lagi...


Penulis: Liston Damanik
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved