Erupsi Sinabung

Sinabung Erupsi, Wisatawan Turun Drastis ke Tanah Karo

Kembali Erupsinya Gunung Sinabung di Tanah Karo ternyata berdampak sangat negatif bagi pengusaha travel

Sinabung Erupsi, Wisatawan Turun Drastis ke Tanah Karo
Tribun Medan/Dedy Sinuhaji
Sejumlah turis mancanegara foto narcis bersama dengan berlatarbelakang Gunung Sinabung Desa Tiga Pancur, Tanah Karo, Sumut, Selasa dini hari (14/10). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kembali Erupsinya Gunung Sinabung di Tanah Karo ternyata berdampak sangat negatif bagi pengusaha travel. Apalagi pengusaha travel yang memang konsen menyediakan paket wisata ke berbagai tempat wisata di Tanah Karo.

Direktur Wesly Tour and Travel Mercy Panggabean, Rabu (15/10/2014), mengatakan, sejak awal tahun permintaan paket wisata ke Tanah Karo sudah sepi dan mengalami penurunan. Ditambah kembali erupsinya Gunung Sinabung membuat permintaan semakin menurun.

"Sejak awal tahun hingga saat ini kita sangat merasakan dampak dari Erupsi Gunung Sinabung. Permintaan paket wisata kita sudah menurun sangat drastis," ujarnya.

Baca: Langit Gelap, Fenomena Aneh Saat Erupsi Gunung Sinabung Hebohkan Netizen


Ia menuturkan, apalagi selama ini biro perjalanannya memang fokus memberikan paket perjalanan wisata ke tempat-tempat wisata di Sumatera Utara seperti tempat wisata yang terdapat di Tanah Karo.

"Untuk paket wisata biasanya kita sering mendapatkan klien dari perusahaan yang ingin melakukan perjalanan atau membuat kegiatan di tempat wisata, namun karena kondisinya begini banyak perusahaan yang batal pergi jadi paling saat ini yang memesan banyak keluarga," tuturnya.

Ia mengungkapkan, sejak Gunung Sinabung Erupsi permintaan paket wisata ke Tanah Karo turun sangat drastis. "Kalau dipersenkan saya kurang tahu berapa persen, yang jelas turun sangat drastis. Padahal rencana dibulan oktober bakal ada banyak kunjungan ke Brastagi dan sekitarnya namun karena kondisi tidak memungkinkan rencana di chancel," ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Yesi pemilik Travel Trex Holiday. Ia mengatakan, adanya kejadian erupsi Gunung Sinabung memang membuat permintaan paket wisata ke daerah tersebut menurun, namun karena di Sumatera Utara kita masih memiliki berbagai tempat wisata banyak wisatawan yang memilih merubah rutenya yang tadinya ingin ke Brastagi menjadi ke Parapat atau Danau Toba.

Baca: Enam Kali Gunung Sinabung Erupsi dan Luncurkan Awan Panas Hari Ini

"Penurunan pasti ada, namun karena kita menyediakan berbagai paket wisata ketempat-tempat lain, jadi wisatawan lebih memilih mengunjungi tempat lain," ujarnya.

Ia menuturkan, hampir setiap bulan Trex Holiday mengantarkan wisatawan ke tempat wisata di Tanah Karo seperti Brastagi, Gundaling dan sekitarnya. Namun karena kondisi Gunung Sinabung yang tidak memungkinkan dan wisatawan banyak yang tidak ingin mengmbil resiko dan beralih ke tempat wisata lain.

"Lagian kita kan tidak hanya menyediakan paket wisata kita juga menyediakan tiket jadi walau terjadi penurunan permintaan tidak begitu menjadi kendala," tuturnya.

(Cr3/tribun-medan.com

Baca: Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas 2.000 Meter, Ada Kaitannya dengan Gempa?

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved