Etnis Batak Toba Akan Adakan Seminar Budaya di Binjai

Wali Kota Binjai HM Idaham menerima audiensi Forum Etnis Batak Toba di Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (26/11/2014). Ketua I Burhanuddin

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Azhari Tanjung

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Wali Kota Binjai HM Idaham menerima audiensi Forum Etnis Batak Toba di Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (26/11/2014). Ketua I Burhanuddin Siahaan didampingi Sekretaris Umum J Sihombing, penasehat Alexander Situmorang menjelaskan jumlah etnis Batak Toba di kota rambutan tersebut berkisar 22.000 orang dengan berbagai latar belakang profesi.

"Dengan potensi itu, etnis Batak Toba diharapkan dapat menggerakkan pembangunan di Binjai," kata Burhanuddin Siahaan. Ditambahkannya perkumpulan Forum Etnis Batak Toba merupakan organisasi yang baru dibentuk di lima kecamatan yang ada di Kota Binjai.

Rencananya organisasi etnis tersebut akan mengadakan seminar tentang adat dan budaya Batak Toba di Pendopo Umar Baki Pada Sabtu (29/11/2014) mendatang. Idaham menyampaikan apresiasi atas niat masyarakat etnis Toba untuk berperan dan berkontribusi dalam pembangunan Kota Binjai.

Menurut Idaham ada dua hal yang dapat melindungi masyarakat dari dampak buruk globalisasi, yakni agama dan budaya. "Dua hal ini menjadi fokus saya dalam mengawal pembangunan,” ujarnya.

Masih katanya, semangat membangun dalam nuansa kebhinekaan sangat perlu ditingkatkan. Pasalnya Binjai merupakan kota yang sangat heterogen yang  terdiri dari sedikitnya  17 etnis. Pemko mendukung dan berperan dalam setiap kegiatan etnis di Binjai, termasuk  dalam pembangunan  rumah adat masing-masing etnis. Seperti  pembangunan balai adat Melayu, jambur Karo dan rumah adat etnis lainnya. Karena itu Idaham sangat mendukung harapan etnis Toba dalam membangun sopo godang sebagai tempat pelestarian nilai adat dan budaya.

(ari/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: akb lama
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved