Serangan ke Kantor Charlie Hebdo

Kartunis Comic Strip "Nabi Muhammad" Tewas

Dalam update terakhir di laman resmi mereka, Charlie Hebdo mengkonfirmasi bahwa di antara korban meninggal dunia terdapat sejumlah kartunis senior.

AFP PHOTO/FRANCOIS GUILLOT
CHARB, kartunis Charlie Hebdo 

TRIBUN-MEDAN.COM, PARIS - Departemen Kepolisian Perancis dan Otoritas Kepolisian Kota Paris masih melakukan investigasi terhadap kemungkinan penyebab serangan bersenjata ke kantor redaksi majalah Charlie Hebdo, Rabu (07/02/2015).

Kemungkinan awal, serangan terkait pemuatan comic-comic strip "Nabi Muhammad". Belakangan, muncul dugaan lain bahwa serangan dilakukan oleh kelompok saparatis atas tujuan lain. Dalam tweet terakhir redaksi Charlie Hebdo di laman Twitter mereka, dipaparkan bahwa pada edisi mendatang mereka akan mengupas soal ISIS. Mereka juga mengetengahkan sejumlah  "bocoran" comic strip yang akan tayang di edisi tersebut.

Redaksi Charlie Hebdo meminta Pemerintah Perancis untuk secepatnya mengungkap penyerangan ini. Dalam update terakhir di laman resmi mereka, Charlie Hebdo mengkonfirmasi bahwa di antara korban meninggal dunia terdapat sejumlah kartunis senior. Tidak disebutkan nama-nama mereka.

Namun sejumlah sumber AFP menyebut, di antara korban adalah Jean Cabut (Cabu), Charb, Wolinksi, dan Tignous. Dua nama pertama sering menggambar comic strip "Nabi Muhammad". Bahkan comic Charb, berjudul La Vie de Mahomet (The life of Mohammed), memancing kehebohan karena dianggap sebagai penghinaan besar terhadap umat Islam di seluruh dunia.(ags)

Penulis: T. Agus Khaidir
Editor: T. Agus Khaidir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved