Diminta Kembalikan Fasilitas, Bupati Kasmin Mengadu ke Hakim

Bupati Toba Samosir Kasmin Simanjuntak mengeluh di persidangan tentang tuntutan Pemkab Tobasa agar ia segera mengembalikan fasilitas

Diminta Kembalikan Fasilitas, Bupati Kasmin Mengadu ke Hakim
TRIBUN MEDAN / RIZKY CAHYADI
Bupati Toba Samosir (Tobasa) Kasmin Pandapotan Simanjuntak akhirnya bersaksi 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Liston Damanik

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bupati Toba Samosir Kasmin Simanjuntak mengeluh di persidangan tentang tuntutan Pemkab Tobasa agar ia segera mengembalikan fasilitas yang diterima sebagai pejabat.

"Kemarin saya dapat surat dari Plt Bupati bahwa fasilitas Pemkab akan ditarik. Jika saya tidak segera mengembalikan, maka akan dilaporkan ke polisi," katanya saat sidang lanjutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Selasa (5/5/2015).

Kasmin mengatakannya setelah Plt Bupati Liberty Pasaribu selesai memberikan keterangan sebagai saksi pada kasus dugaan korupsi pengadaan tanah untuk fasilitas proyek PLTA Asahan III yang membuat Kasmin menjadi terdakwa.

Majelis hakim pun menyatakan bahwa pernyataan Kasmin itu tidak relevan dengan perkara.

Kuasa hukum Kasmin, Luhut Simanjuntak mengatakan surat ya n g ditandatangani Asisten Bagian Administrasi Setda Kabupaten Tobasa itu tidak mencantumkan kapan tenggat waktu yang diberikan kepada kliennya. Namun, ia menilai surat tersebut datang terlalu cepat.

Menurutnya, Kasmin tidak wajib mengembalikan fasilitas sebelum 1 Juli 2015. Berdasarkan peraturan Kementerian Dalam Negeri, katanya, pengembalian aset oleh pejabat yang terbelit hukum adalah tiga bulan setelah penonaktifan pejabat terkait oleh menteri.

"Tidak akan kami kembalikan. Kan waktunya tiga bulan. Hormati dong! Dia kan masih bupati," katanya.

(ton/tribun-medan.com)

Penulis: Liston Damanik
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved