Breaking News:

Pengobatan Paling Aneh dan Berbahaya Sepanjang Masa

Pada masa lalu, masih belum terlalu lama berselang, dokter dan praktisi menggunakan beberapa cara yang cukup aneh dan sangat berbahaya.

int
Trepanasi 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Praktik pengobatan sejak lama menggunakan prinsip "Primum non nocere" atau "Yang pertama, jangan menyakiti (pasien)".

Kenyataannya pada masa lalu, masih belum terlalu lama berselang, dokter dan praktisi menggunakan beberapa cara yang cukup aneh dan sangat berbahaya.

Simak beberapa pengobatan pada masa lalu yang sepertinya sangat absurd di bawah ini. Beberapa di antaranya masih dipakai sampai saat ini.

1.Diet Cacing Pita

Diet cacing pita muncul pada awal abad ke-20. Cara ini pernah dianggap efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, beberapa spesies cacing pita, ternyata bukan hanya membuat berat badan menurun. Cacing pita bisa membuat inangnya menderita gizi buruk, mual, muntah, diare, anemia dan risiko kesehatan lainnya.

"Cacing pita dapat 'mengganggu' pencernaan Anda karena menyerap nutrisi yang artinya berat badan tidak akan naik meskipun banyak makanan yang masuk. Konsumsi kapsul cacing pita dapat menurunkan berat badan hingga 2 kilogram per minggu," tulis Everydiet.org.

Dalam sejumlah kasus, cacing pita malah membuat perut jadi buncit, sakit perut, cacing pita tidak bisa dikeluarkan, hingga kematian. Begitupun, sampai saat ini masih ada penggila diet yang menerapkan cara ini.

2. Coca-Cola Minuman Sehat

Halaman
123
Tags
health
Penulis: Liston Damanik
Editor: Liston Damanik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved