Breaking News:

Ini Penyebab Mati Lampu di Wilayah Sumbagut

"Iya hampir semua memang tadi terjadi padam saat beban puncak, sekitar pukul 19.30 wib. Itu terjadi karena tiba-tiba ada gangguan di Trafo III Gardu"

(Tribun Medan/Dedy Sinuhaji )
Puluhan massa gabungan dari elemen masyarakat, komunitas, serta lintas agama melakukan pemasangan lilin sebagai simbolik pemadaman listrik oleh PLN di tugu titik Nol, Kota Medan, Rabu (23/7/2014). Selain mengkritisi PLN, dalam aksi peduli komunitas Medan tersebut juga melakukan pengumpulan dana sebagai bentuk solidaritas untuk Gaza damai dan Gunung Sinabung reda. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Feriansyah Nasution

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Humas PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara Mustafrizal mengakui saat beban puncak tadi pemadaman listrik terjadi hampir di sebagian besar wilayah Medan, Tanjung Morawa sampai ke Aceh.

Menurut Mustafrizal, pemadaman terjadi lantaran terjadi gangguan pada Trafo III Gardu Induk yang berada di Kota Binjai berakibat trip (berhentinya) PLTU Pangkalan Susu sebesar 200 MW.

"Iya hampir semua memang tadi terjadi padam saat beban puncak, sekitar pukul 19.30 wib. Itu terjadi karena tiba-tiba ada gangguan di Trafo III Gardu Induk di Binjai. Yang berakibat PLTU di Pangkalan Susu Trip (berhenti) sehingga devisit 200 MW. Sampai ke Aceh pasti ikut berpengaruh, karena kita kan satu sistem Sumbagut (Sumatera Bagian Utara)," ujar Mustafrizal dikonfirmasi Tribun, Senin (28/9/2015) malam.

Mustafrizal memastikan secara bertahap listrik sudah menyala dibeberapa daerah. Namun, ia belum mendapatkan informasi update perkembangan perbaikan Trafo III Gardu Induk di Binjai tersebut.

"Saya nggak tahu persis apakah sekarang masih ada yang padam karena belum update lagi informasinya. Tapi yang jelas ini sudah beberapa yang saya lihat menyala. Ini pihak pembangkit lagi mendeteksi permasalahannya. Kita belum tahu, karena bertahap ini. Apakah cuma pangkalan susu saja yang bermasalah atau mengikut juga ke pembangkit yang lain lantaran terjadi gangguan saat beban puncak," ujarnya.

Terpisah, GM PT PLN Pembangkit Sumbagut, Sugiyatno tidak berhasil dikonfirmasi. Beberapa kali coba ditelepon, selularnya tidak aktif.

(fer/tribun-medan.com)

Tags
PLN
Editor: akb lama
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved