Hari Ini, DPR Mulai Gelar "Fit and Proper Test" Capim KPK

Delapan calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi akan mulai menjalani proses uji kepatutan dan kelayakan, Senin (14/12/2015).

Hari Ini, DPR Mulai Gelar
KOMPAS/LUCKY PRANSISKA
Logo KPK 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Delapan calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi akan mulai menjalani proses uji kepatutan dan kelayakan, Senin (14/12/2015).

Tes ini dijadwalkan akan dilangsungkan selama tiga hari hingga 16 Desember 2015 mendatang.

Menurut jadwal, ada sepuluh nama capim yang akan menjalani uji. Namun, dua capim, yakni Busyro Muqoddas dan Robby Arya Brata, telah mengikuti tes sebelumnya.

Meski demikian, ketika Komisi III DPR mengundi untuk penentuan jadwal saat uji makalah awal Desember 2015 lalu, nama keduanya tetap dimasukkan.

Untuk hari ini, ada empat calon yang akan menghadapi fit and proper test, yaitu Sujanarko, Alexander Marwata, Johan Budi Sapto Pribowo, dan Saut Situmorang.

Untuk besok, empat calon yang dites adalah Surya Tjandra, Robby Arya Brata, Irjen Pol Basaria Panjaitan, dan Agus Rahardjo.

Sedangkan lusa, hanya dua calon yang akan diuji yakni Laode Muhammad Syarif dan Busyro Muqoddas.

Proses fit and proper test ini akan dilangsungkan sejak pukul 10.00 WIB. Setiap calon akan menjalani tes secara individu selama dua jam.

Menurut jadwal, setelah semua capim menjalani tes, Komisi III akan menggelar rapat internal untuk memilih dan menetapkan capim yang dianggap layak. (*)

Editor: akb lama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved