Seno Haryo, "Menghidupkan" Mainan Lewat Toy Photography

Berawal dari hobi mengoleksi action figure, Seno Haryo mampu menelurkan karya fotografi mainan (toy photography) yang sudah diakui keapikannya.

Seno Haryo,
Seno Haryo
Seno Haryo mempersiapkan setting untuk menjepret mainan 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Berawal dari hobi mengoleksi action figure, Seno Haryo mampu menelurkan karya fotografi mainan (toy photography) yang sudah diakui keapikannya.

Lulusan Teknik Industri Universitas Trisakti tersebut berhasil menyabet rekor MURI sebagai pemerkasa pameran toy photography pertama di Indonesia pada 2011 silam.

Hingga kini ia pun kerap menggelar pameran tematik berskala nasional dan internasional. Beberapa tema diangkat dari film-film kesukaannya.

Salah satunya "Star Wars". Karya legendaris George Lucas itu diakui Seno sebagai motivasi awal mengoleksi action figure sejak pertengahan 1980-an.

"Waktu itu, saya masih duduk di bangku SD," ujar Seno pada KompasTekno beberapa saat lalu, mengenang awal perjumpaannya dengan tokoh-tokoh di film perang bintang.



Anakin dan Obi-Wan

Kurang lebih satu dekade mengoleksi action figure, baru pada 2011 Seno mulai menggeluti toy photography.

Ide itu muncul setelah Seno membeli dua action figure karakter "Star Wars" berskala 1:6, yakni Anakin Skywalker dan Obi-Wan Kenobi, pada sebuah pameran mainan di Jakarta.

Kala itu, ia melihat dua action figure barunya berbeda dari yang selama ini ia kumpulkan. Menurut dia, dua action figure itu tampak sangat detil dan nyata.

"Muka, outfit, dan aksesori menyerupai aktor aslinya. Selain itu, yang terpenting memiliki artikulasi mendetil. Sehingga bisa berpose macam-macam layaknya manusia," ia menjelaskan.

Ia pun tertarik menghidupkan mainannya menjadi objek yang lebih nyata lewat karya foto. Tak dinyana, karya-karya foto mainannya yang tampak real seolah dalam adegan hidup diminati banyak orang. Dari situ, ide-ide lain membanjiri kepala Seno.



Jadi ide "pre-wed"

Halaman
12
Editor: akb lama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved