Breaking News:

Public Services

Bagaimana Jika Berkas BPJS Hilang saat Pindah Rumah?

Kalau saya harus membayar, jelas sangat memberatkan karena total pembayaran saya hampir Rp 4 juta.

Editor: Liston Damanik
Int
Ilustrasi pelayanan BPJS Kesehatan. 

SAYA dan keluarga pernah mendaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Namun sebulan setelah saya mendaftar di BPJS, kami sekeluarga pindah mengikuti suami saya ke luar kota.

Berkas BPJS untuk pembayaran dan kartu berobat hilang saat pindahan rumah. Selama setahun setengah kami terdaftar di BPJS, kami tidak pernah menggunakannya untuk berobat. Sekarang dari kantor kami didaftarkan ke BPJS, tetapi saya dan keluarga tidak bisa terdaftar karena harus menyelesaikan administrasi BPJS yang sebelumnya.

Apa jalan keluarnya untuk saya? Kalau saya harus membayar, jelas sangat memberatkan karena total pembayaran saya hampir Rp 4 juta. Tolong saya dibantu. Terima kasih Tribun.

+6281265333xxx

Urus ke Kantor Cabang dan Langsung Dicetak

SEJAK terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan, maka setiap bulan biaya kapitasi per jiwa dibayarkan kepada fasilitas kesehatan tingkat pertama (puskesmas/klinik/dokter praktek perorangan) yang tertulis di kartu.

Kartu hilang sebenarnya sangat mudah pengurusannya. Datang ke kantor cabang dan membuat surat pernyataan di tandatangani peserta, dan kartu baru langsung dicetakkan.

Walaupun selama 1,5 tahun belum pernah menggunakan iuran tetap wajib dibayarkan karena prinsip dalam program jaminan kesehatan ini adalah gotong royong. Subsidi silang dari yang sehat kepada yang sakit. Denda dikenakan pada keterlambatan di enam bulan pertama saja.

dr. Sari Quratulainy

Kepala Departemen Manajemen Yankes BPJS Kesehatan Divre I Sumut-Aceh

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved