Masyarakat Harus Aktif Mengawasi Pelaksanaan Perda Pengelolaan Persampahan

"Kita mengimbau agar masyarakat bisa turut aktif menjaga dan mengawasi pelaksanaan Perda pengelolaan sampah ini,"

Masyarakat Harus Aktif Mengawasi Pelaksanaan Perda Pengelolaan Persampahan
Tribun Medan/ Nanda Fahriza
Petugas Kebersihan Kota Medan mengangkut sampah di Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) di Padangbulan, Rabu (23/12/2015). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Nanda Fahriza Batubara

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Peran masyarakat dalam pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan Nomor 6 Tahun 2015 tentang pengelolaan persampahan sangat dibutuhkan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebersihan Medan, Endar Sutan Lubis, Rabu (23/12/2015).

"Kita mengimbau agar masyarakat bisa turut aktif menjaga dan mengawasi pelaksanaan Perda pengelolaan sampah ini. Jangan nanti kita sudah berikan fasilitas tapi tidak dijaga. Atau kesadaran masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan di lingkungannya msaing-masing itu sangat perlu," ujar Endar.

Hal senada juga disampaikan oleh pengamat hukum Universitas Sumatera Utara (USU), Faisal Akbar. Menurutnya pemerintah perlu menyediakan fasilitas pengaduan yang mudah diakses untuk masyarakat dalam untuk membantu pelaksanaan Perda tersebut.

"Pemerintah harus menyediakan fasilitas yang bisa digunakan masyarakat untuk memberikan informasi apabila menemukan pelanggaran. Bisa dengan menyediakan website untuk pengaduan, jadi apabila masyarakat melihat adanya pelangaran bisa langsung mengadukannya secara mudah," ujar Faisal saat dikonfimasi via seluler.

Menurut Faisal, pemerintah harus memberdayakan masyarakat dalam segi pengawasan. Masyarakat dinilai bisa membantu secara efektif mengawasi pelanggaran Perda di lingkungan sehari-hari.

"Contohnya, ketika di tengah jalan ada masyarakat yang melihat pengendara mobil membuang sampah sembarangan, itu bisa difoto sebagai bukti, setelah itu kirim ke dinas kebersihan ataupun pihak kepolisian langsung, karena terdapat juga sanksi pidana di situ, jadi lebih efektif," tandas.

(cr5/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Randy P.F Hutagaol
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved