Setelah Menang di PT TUN, Hinca Berharap KPU Tak Ajukan Kasasi

"Saya berharap, KPU juga dapat memahami (putusan) ini dan juga menyelenggarakannya tanpa harus gunakan upaya lain (kasasi), meskipun itu haknya,"

Setelah Menang di PT TUN, Hinca Berharap KPU Tak Ajukan Kasasi
Tribun Medan / Array
Calon Bupati Simalungun, JR Saragih menangis saat menemui para pendukungnya di PT TUN Medan, Rabu (23/12/2015) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Array A Argus

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Majelis hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Medan, Asmin Simanjorang memberikan kesempatan kepada calon Bupati Simalungun, JR Saragih dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Simalungun untuk menempuh jalur hukum apabila tidak puas dengan putusan yang sudah dibacakan di persidangan.

Menurut hakim, keduanya punya hak untuk menyampaikan kasasi di Mahkamah Agung (MA) RI.

Menyikapi persoalan ini, Sekjend DPP Demokrat, Hinca Panjaitan yang juga kuasa hukum JR Saragih berharap agar KPU tidak menempuh jalur hukum selanjutnya di MA RI.

Hinca menginginkan agar pemilukada di Simalungun bisa berjalan secepat mungkin.

"Saya berharap, KPU juga dapat memahami (putusan) ini dan juga menyelenggarakannya tanpa harus gunakan upaya lain (kasasi), meskipun itu haknya," ungkap Hinca, Rabu (23/12/2015).

Ia mengatakan, dirinya mengajak semua pihak untuk sama-sama mensukseskan pesta demokrasi di Simalungun. Apalagi, kata Hinca, di daerah lain pemilukada sudah berjalan sebagaimana mestinya.

"Ini bagian dari demokrasi. Kita berharap, semua dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Lantas, bagaimana sikap JR Saragih apabila nantinya KPU mengajukan upaya kasasi di MA RI? "Kita tunggu saja," ungkap Hinca.

Terpisah, Komisioner KPU Sumut, Evi Novida Ginting mengaku akan mempelajari keputusan hakim PT TUN. Kata Evi, pihaknya belum ada rencana untuk mengajukan kasasi.

"Kami akan mempelajari keputusan yang tadi dibacakan. Kemudian juga kita akan berkonsultasi dengan KPU RI," ujarnya singkat.

(ray/tribun-medan.com)

Penulis: ArgusA
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved