Baca Selengkapnya di Tribun Medan

JR Saragih Menangis

Calon Bupati Simalungun, JR Saragih memenangkan gugatan di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Medan atas putusan yang pencoretan

JR Saragih Menangis
Tribun Medan / Array
Calon Bupati Simalungun JR Saragih saat memberikan keterangan usai sidang di PT TUN Medan. Saat memberikan keterangan, JR Saragih pun menangis, Selasa (8/12/2015). 

- Kalahkan KPU di PTTUN

- Ucapkan Terima Kasih dan Salami Seluruh Pendukung

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Calon Bupati Simalungun, JR Saragih memenangkan gugatan di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Medan atas putusan yang pencoretan kepesertaannya (bersama Amran Sinaga) pada Pilkada Simalungun, Rabu (23/12).

Dalam sidang putusan ini, majelis hakim yang diketuai Asmin Simanjorang mengabulkan sebagian gugatan JR Saragih terhadap Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Simalungun.

"Memutuskan, untuk mengabulkan sebagian gugatan yang diajukan penggugat. Memulihkan kedudukan penggugat dengan tetap mengikutsertakannya sebagai peserta pemilukada," kata majelis hakim.

Selain itu, majelis menolak permohonan JR Saragih untuk mengganti pasangan calonnya Amran Sinaga yang sebelumnya terjerat kasus hukum.

Dalam hal ini, majelis berpendapat bahwa penggantian pasangan calon tidak dapat dilakukan mengingat bertolak belakang dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Dengan demikian, perkara sengketa ini telah kita putus untuk sama-sama bisa dilaksanakan," kata mejelis hakim

Majelis hakim mempersilakan pihak tergugat (KPUD) untuk melakukan upaya hukum sejak putusan ini dibacakan. Apabila kedua belah pihak tidak sepakat, maka dipersilahkan mengajukan upaya hukum ke Mahkamah Agung RI.

Mendengar putusan ini, puluhan pendukung JR Saragih yang sejak pagi sudah berdatangan sontak bersorak. JR Saragih sendiri menyikapi kemenangannya dengan tak kalah gembira. Ia bahkan sempat menangis.

"Kita berterimakasih. Keputusan ini bukan untuk kepentingan saya. Tapi untuk kepentingan semua masyarakat Simalungun yang sangat menanti keadilan," kata JR Saragih.

Ia mengatakan, dirinya juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada KPUD Simalungun serta panitia pengawas pemilu. Kata JR, dirinya berharap penyelenggaran pemilukada di Simalungun dapat segera dijalankan di tahun 2015.

Usai memberi keterangan singkat, JR Saragih yang mengenakan kemeja biru berkeliling di dalam gedung PT TUN.

Satu persatu personil polisi dan para pendukungnya disalami. Teriakan kemenangan tampak menggema di dalam gedung PT TUN. Tak sedikit pendukung JR yang ikut menangis sembari memeluknya. (*) Baca Selengkapnya di Harian Tribun Medan Edisi Kamis (24/12/2015)

Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved