Gontar Yakin RS USU akan Jawab Harapan Masyarakat

"Minggu depan kami akan rapat. Bulan depan (Februari) ini akan operasional. Insya Allah. Hari Selasa kami rapat. Tanggal 3 kami bikin kelengkapannya"

Gontar Yakin RS USU akan Jawab Harapan Masyarakat
Tribun Medan/ Abul Muamar
Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU), yang berada di Jalan Dr Mansur, dikabarkan akan segera beroperasi tahun ini. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Abul Muamar

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU), Prof Gontar A Siregar, melontarkan optimisme yang lebih besar terkait kapan Rumah Sakit USU (RS USU) akan beroperasi. Ia optimis RS USU akan beroperasi Februari mendatang.

"Minggu depan kami akan rapat. Bulan depan (Februari) ini akan operasional. Insya Allah. Hari Selasa kami rapat. Tanggal 3 kami bikin kelengkapannya semua," ujarnya, Sabtu (30/1/2016).

Gontar mengaku pihaknya selama ini sangat menantikan RS USU bisa dioperasionalkan untuk menunjang proses pendidikan mahasiswa kedokteran. Sebab, tanpa pasien, pendidikan kedokteran akan terhambat.

"Rumah sakit pendidikan utama kita masih (RS) Adam Malik. Tetapi memang kalau itu beroperasi akan tempat pendidikan profesi dokter USU dan yang lain. Memang kami sangat berharap itu dapat beroperasi penuh. Kemarin itu sudah dilakukan soft opening. Cuman, beberapa kelengkapan yang menyangkut operasional belum ready, belum ada, belum tersedia. Karena waktu itu untuk melakukan pelengkapan itu sudah di akhir tahun, jadi tidak bisa," katanya.

Dikatakan Gontar, beberapa kendala yang menyebabkan RS USU tak kunjung beroperasi adalah karena, "kemarin itu nyangkutnya di beberapa peralatan ICU dan kamar operasi. Karena kalau rumah sakitnya dibuka, tiba-tiba ada pasien emergency gak bisa ditolong, malah jadi gak benar. Kan susah juga."

Gontar optimis, beroperasinya RS USU akan dapat menjawab harapan masyarakat di tengah-tengah krisis pelayanan kesehatan saat ini.

"Insya Allah kalau pasiennya sih pasti akan datang. Saya optimis ini akan menjawab harapan masyarakat. Karena itu, kan, di tengah kota. Peralatannya cukup lengkap. Semua masih baru. SDM-nya juga cukup. Saya yakin ini akan cepat berkembang. Apalagi masyarakat juga butuh," ujarnya, seraya menambahkan, SDM-SDM dokter dan guru besar kedokteran dari USU, yang selama ini bertugas di RSUP Adam Malik akan ditarik.

Sebelumnya dikabarkan, RS USU akan beroperasi paling lambat Maret ini.

"Anggaran 20 miliar (rupiah) yang tidak terpakai tahun 2015 itu akan kami pergunakan," ujar Direktur Utama RS USU, Chairul Yoel.

(amr/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved