Tak Cuma Daging, Harga Tulang Sapi Pun Melonjak

Harga daging sapi di Pasar Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (2/2/2016), naik menjadi Rp 110.000 per kilogram dari harga semula Rp 90.000

Tak Cuma Daging, Harga Tulang Sapi Pun Melonjak
AMRIZA NURSATRIA/KOMPAS.com
tulang sapi, bahan baku kjliner khas ogan ilir ;indang tulang harga mencapai 70 ribu perkilo 

TRIBUN-MEDAN.com,INDRALAYA - Harga daging sapi di Pasar Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (2/2/2016), naik menjadi Rp 110.000 per kilogram dari harga semula Rp 90.000.

Kenaikan harga tersebut tidak hanya memberatkan bagi ibu rumah tangga. Pengelola restoran pindang tulang sapi yang merupakan kuliner khas Ogan Ilir, juga merasakan beban yang sama.

Sebab, kenaikan harga daging sapi juga menaikkan harga jual tulang sapi, yang menjadi bahan utama masakan pindang tulang, kuliner khas daerah Ogan Ilir.

Miftah, seorang pemilik restoran Pindang Tulang berlokasi di gerbang batas Kota Indralaya, jalur lintas timur Palembang-Ogan Ilir pun mengeluh.

Ditemui saat membeli tulang sapi di Pasar Indralaya, Miftah mengatakan, harga tulang sapi kini mencapai Rp 70.000 per kilogram. Kondisi itu membuatnya harus berpikir menyiasati pasokan di restorannya.

“Sebelumnya, paling Rp 40.000 per kilogram, sekarang sudah Rp 70.000 per kilogram. Saya tidak bisa menaikkan harga jual pindang tulang per porsi begitu saja, takutnya nanti pelanggan pada kabur,” kata dia.

Sementara, Rifat, pedagang daging sapi di Pasar Indralaya mengatakan, kenaikan harga tersebut terjadi akibat kenaikan pajak impor sapi yang dikenakan oleh pemerintah.

“Meski sapi lokal, namun membelinya tetap di pasar hewan,” kata dia.

Kenaikan harga itu membuat penjualan daging sapi turun hingga 25 persen. Hal itu akibat pembeli banyak yang mengurungkan niatnya membeli daging sapi, setelah mengetahui harga yang tinggi.

“Banyak yang mengurungkan niatnya membeli daging setelah harganya tinggi,” ujar Rifat.(*)

Editor: akb lama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved