Poltak Manurung: Program 2015 Sudah Kita Kerjakan Semua

"Sudah terserap semua anggaranya, mulai dari pelatihan pembuatan pavin blok, pelatihan salon, pelatihan pembuatan papan bunga, pelatihan pembuatan"

Poltak Manurung: Program 2015 Sudah Kita Kerjakan Semua
Tribun Medan / Royandi
Poltak Manurung, Kepala Dinsosnaker Kota Siantar 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Royandi Hutasoit

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pematangsiantar menyampaikan bahwa seluruh program yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau yang tertampung dalam P-APBD Tahun 2015 sudah mereka salurkan seluruhnya kepada masyarakat.

"Sudah terserap semua anggaranya, mulai dari pelatihan pembuatan pavin blok, pelatihan salon, pelatihan pembuatan papan bunga, pelatihan pembuatan tenun, pelatihan menjahit dan pelatihan bordir," ujar Poltak Manurung, Kepala Dinsosnaker Kota Siantar di kantornya, Jumat (12/2/2016).

Ia menuturkan bahwa program yang mereka jalankan tersebut masing-masing melatih 40 orang setiap program. "Ada dua kelas setiap program, masing-masing kelas ada 20 orang. Jadi sekitar 240 orang yang sudah kami latih," ujarnya.

Menurutnya untuk pelatihan yang mereka laksankan tersebut, Dinsosnaker juga memberikan alat yang bisa dipergunakan sebagai modal awal untuk membuka usaha.

"Masing-masing ada kami berikan peralatan yang bisa mereka pergunakan. Untuk pelatihan papan bunga pesertanya kami kasih dua papan bunga untuk setiap peserta. Untuk pelatihan Pavin Block alatnya kami kasih satu untuk dua orang peserta," ujarnya.

"Untuk pelatihan salon setiap peserta medapat peralatan salon satu set untuk setiap peserta. Untuk tenun dan bordir alatnya juga kita berikan satu setiap peserta," tambah Poltak.

Untuk kriteria peserta yang mereka rekrut untuk mengikitu program ini, poltak menyampaiakan mengusahakan dari orang-orang yang penganguran. "Yang kita pilih adalah orang-orang yang dari dasar kita ajari, orang-orang yang belum mempunyai pekerjaan, dan sebagainya. Namun yang mengusulkan namanya adalah orang kelurahan," ujarnya.

Pelatiahan tersebut, kata Poltak, mereka lakukan dalam dua tahap dan berlangsung selama tiga puluh hari setiap pelatihan. "Dalam pelatihan ini jadwalnya 30 hari penuh, seluruh biaya kami tanggung, mulai dari makan, baiaya transport dan biaya-biaya lainnya," katanya.

Adapun dalam P-APBD Kota Siantar Tahun 2015 dituliskan untuk pelatihan tenun danya Rp 268.680.000, pelatihan menjahit Rp 231.101.846, pelatihan salon Rp 277.900.000, pelatihan pembuatan Pavin Blok Rp 241.200.000, pelatihan bordir Rp 221.700.000, pelatihan pembuatan papan bunga Rp 286.660.000.

(cr7/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved