Pemenang Pilkada Simalungun Paling Lama Dilantik Juni

KPU Simalungun menunggu apakah hasil Pilkada Simalungun tersebut akan digugat ke Mahkamah Konstitusi.

Pemenang Pilkada Simalungun Paling Lama Dilantik Juni
Tribun Medan/ Royandi Hutasoit
Ketua KPU Simalungun Adelbert Damanik. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Royandi Hutasoit

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - KPU Simalungun sudah melakukan rekapitulasi jumlah perolehan suara Pilkada Simalungun yang berlangsung 10 Februari lalu di kantor KPU Simalungun. Dalam rekapitulasi ini, pasangan calon No 1 Tumpak Siregar-Irwansyah Damanik memperoleh suara 26,57 persen, pasangan calon No 2 Evrasassky-Sugito 19,39, pasangan calon No 3 Nuriaty-Posman 17,43 persen, pasangan No 4 JR-Amran 34,43  persen dan pasangan calon No 5 Lindung-Soleh 2,07 persen.

Ketua KPU Simalungun Adelbert Damanik mengatakan bahwa saat ini menunggu apakah hasil Pilkada Simalungun tersebut akan digugat ke Mahkamah Konstitusi.

"Kita belum bisa menyerahkan hasilnya ke DPRD Kabupaten Simalungun karena kita masih menunggu apakah ada pasangan calon yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi," katanya melalui sambungan telepon, Kamis (18/2/2016).

Menurut Adelbert jika ada gugatan di Mahkamah Agung mereka terlebih dahulu harus menghadapi gugatan tersebut baru menyampaikan hasilnnya ke DPRD Kabupaten Simalungun. "Kalau ada gugatan, harus kita selesaikan dulu. Alur pengajuannya kan ke DPRD dahulu, sehabis itu DPRD mengajukan ke Gubernur Sumut untuk diajukan ke Mendagri untuk dilantik," ujarnya.

Untuk rentang waktu pengajuan, Adelbert menuturkan belum bisa memastikan berapa lama waktu pengajuannya. "Belum bisa kita pastikan berapa lama nanti prosesnya, namun kami yakin prosesnya nanti paling lama bulan Juni Sudah bisa dilantik," ujarnya.

Saat ditanyakan terkait komentar Mentri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo yang mengatakan bahwa tidak bisa melantik JR-Amran, ia mengatakan bawa hal tersebut tergantung Mendagri.

"Tergantung mereka itu, kami tidak bisa mencampurinya," katanya.(cr7/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved