Aduan Kartel Peternak Akan Ditindaklanjuti KPPU

KPPU mendapat informasi adanya integrasi vertikal. Yakni, penguasaan dari hulu sampai hilir. Selain itu adanya predatori.

Aduan Kartel Peternak Akan Ditindaklanjuti KPPU
Tribun Medan/Ryan Achdiral Juskal
Wakil Ketua Komisioner KPPU, Kurnia Syaranie saat diwawancarai awak media, Sabtu (27/2/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Ryan Achdiral Juskal

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Wakil Ketua Komisioner KPPU, Kurnia Syaranie mengatakan, hasil yang diperoleh KPPU, yang disampaikan pelaku usaha, terkait adanya kartel harga dan kartel untuk penjualan pangan, akan segera ditindaklanjuti.

"Ada beberapa poin tadi disampaikan Aspari, mereka mengatakan adanya kebijakan yang memberatkan peternak, kartel harga, kartel penjualan pangan, dan ini kewenangan pemerintah sebenarnya, merak minymta jangan sampai perusahaan besar masuk ke area budi daya. Nah, ini akan kita tindaklanjuti," katanya pada acara diskusi Desiminasi Usulan Kebijakan Persaingan 'Penataan Pasar Ayam Ras di Indonesia di Wong Solo, Polonia, Medan, Sabtu (27/2/2016).

Disampaikannya, pihaknya mendapat informasi adanya integrasi vertikal. Yakni, penguasaan dari hulu sampai hilir. Selain itu adanya predatori.

"Kalau predatori ini harus ada pembuktian. Nah ini kami kumpulkan dulu datanya. Ini akan dianalisa, masuk dalam pemeriksaan. kami masih melihat pembelaan diri, belum bisa dikatakan salah sampai putusan. Kami dari KPPU melakukan serentak di seluruh Indonesia, di kota kota sentra. Kalau kami sudah dapatkan data, satu memberikan saran dan pertimbangan dan kedua melakukan penegakan hukum," terangnya.

Ditambahkannya, permasalahan ini harus dianalisa, terlebih dahulu. Rencananya, Senin KPPU akan rapat, mencoba mengumpulkan data.

"Kalau sudah ada ditangan kami datanya, kami akan segera investigasi. Kami usahakan secepatnya ini bisa selesai," ujarnya. (raj/tribun-medan.com)

Penulis: Ryan Achdiral Juskal
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved