Rio Haryanto: Saya Senang Bisa Menyelesaikan 58 Putaran

Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, baru saja melewati satu babak penting dalam hidup maupun kariernya.

Rio Haryanto: Saya Senang Bisa Menyelesaikan 58 Putaran
facebook.com/rharyantoracing
Rio Haryanto siap jalani sesi latihan pekan kedua. 

TRIBUN-MEDAN.com - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, baru saja melewati satu babak penting dalam hidup maupun kariernya. Dalam dua pekan secara beruntun, Rio menjalani empat hari tes pramusim Formula 1 2016.

Setelah mendapat kesempatan menguji MRT05 selama dua hari pada tes pertama di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, pekan lalu, Rio kembali ke lintasan sirkuit yang sama, pekan ini.

Rio menguji mobil Manor Racing tersebut pada hari pertama dan keempat (1 dan 4 Maret) tes. Hasil putaran terbaiknya adalah 1 menit 25,899 detik, yang dibuat pada hari terakhir, Jumat (4/3/2016).

Tak hanya fisik, mental Rio benar-benar diuji. Selama dua hari tes terakhir, dia lebih banyak menghabiskan waktu di garasi pada empat jam sesi pagi. Pada hari pertama, ada kebocoran oli di mobilnya. Pada hari terakhir, muncul masalah mekanis di MRT05.

Rio harus berjuang keras pada empat jam sesi sore setelah melewati sesi pagi yang membuat frustrasi. Dengan waktu yang sangat terbatas, dia bisa menunjukkan performa yang bagus.

"Saya sangat senang bisa menyelesaikan 58 putaran. Setelah jeda makan siang, kami bisa membangun ritme dengan cepat dan bersama-sama berusaha menjalankan program yang padat," kata Rio usai menjalani sesi hari terakhir.

Pebalap 23 tahun tersebut menyebut mobilnya saat ini sudah jauh lebih baik dibanding saat pertama diluncurkan, pekan lalu. Dia pun tak sabar untuk memacu MRT05 dalam balapan yang sesungguhnya.

"Terima kasih kepada semua anggota tim yang sudah memberi start terbaik pada debut saya di F1. Kami sudah menghabiskan banyak sekali waktu di lintasan, siang dan malam, tetapi saya yakin itu tidak akan percuma," ujar Rio.

Rio punya waktu sekitar dua pekan sebelum menjalani debut balapannya di F1 pada GP Australia, 18-20 Maret.

Race Director Manor Racing Dave Ryan mengatakan bahwa pekerjaan mereka belum selesai. Masih banyak yang harus dipersiapkan sebelum mereka memulai persaingan di Albert Park.

"Pekan depan, kami akan kembali disibukkan dengan mengevaluasi semua yang sudah kami pelajari tentang mobil. Lalu, kami harus mengepak sasis dan alat lainnya ke Melbourne," kata Ryan. (*)

Editor: Randy P.F Hutagaol
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved