Jenis Kuliner Nusantara Ditampilkan Saat Gerhana Matahari

Menyambut momen Gerhana Matahari Total, warga Ternate, maluku Utara, menggelar Festival Kuliner Nusantara di kawasan Benteng Oranje, Rabu (9/3/2016).

Jenis Kuliner Nusantara Ditampilkan Saat Gerhana Matahari
KOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN
Festival Kuliner Nusantara di kawasan Benteng Oranje untuk meramaikan Gerhana Matahari Total 2016, di Ternate, Maluku Utara, Rabu (9/3/2016) 

TRIBUN-MEDAN.com, TERNATE - Menyambut momen Gerhana Matahari Total, warga Ternate, maluku Utara, menggelar Festival Kuliner Nusantara di kawasan Benteng Oranje, Rabu (9/3/2016).

Dalam festival ini, menampilkan sebanyak 70 jenis kuliner dari berbagai daerah di Indonesia. Misal, ada pempek Palembang, kemudian makanan khas Sangir Talaud, sementara tuan rumah menampilkan nasi kuning, makanan kebun dan sebagainya.

Ketua Forum Pembaruan Kebangsaan Kota Ternate, Jubair Situmorang, menjelaskan ada sekitar 27 paguyuban dari ikatan kerukunan yang ada di daerah kota Ternate yang mengikuti acara ini. Setiap paguyuban menampilkan minimal tiga makanan khas daerahnya.

“Tapi faktanya, ada yang 5-10 makanan khas yang ditampilkan setiap paguyuban. Jadi totalnya sekitar 70 jenis kuliner nusantara mulai dari Sabang, Pasundan, Bandung, Jawa dan sebagainya,” kata Jubair.

Menurut dia, momen ini sengaja diambil untuk berbaur dengan berbagai etnis yang ada di Ternate. Meski Ternate adalah kota kecil, namun ingin ditunjukkan bahwa berbagai etnis disana bisa berbaur.

“Disini ada berbagai etnis termasuk dari Tionghoa. Kami tunjukkan bahwa di Ternate meski kecil tapi bisa berbaur, tidak ada perbedaan dengan etnis yang lain,” kata Jubair. (*)

Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved