Matahari Sabit Terlihat Jelas di Langit Flores

Fenomena gerhana matahari sebagian membentuk matahari sabit di langit Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Rabu (9/3/2016). Gerhana itu tampak jelas

Matahari Sabit Terlihat Jelas di Langit Flores
KOMPAS.com/MARKUS MAKUR
Gerhana matahari sebagian terlihat di langis Flores, Nusa Tenggara Timur, Rabu (9/3/2016). 

TRIBUN-MEDAN.com, BORONG - Fenomena gerhana matahari sebagian membentuk matahari sabit di langit Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Rabu (9/3/2016). Gerhana itu tampak jelas tanpa harus menggunakan kacamata khusus.

Gerhana yang muncul pada pukul 08.30 Wita menjadi tontonan warga di Kota Waelengga, Kelurahan Watunggene, Kabupaten Manggarai Timur, Flores.

Yoseph Geong, warga Kompleks Mabakou, tiba-tiba keluar meski saat itu ia sedang melayani tamu di kiosnya. Ia berteriak memberikan informasi kepada warga sekitar tentang terbentuknya gerhana matahari parsial.

Sambil menunjuk ke arah matahari, Geong mengajak warga ke jalan raya untuk menyaksikan gerhana matahari yang tidak utuh tersebut.

Anak-anak dan orang tua mulai memadati jalan raya sambil menyaksikan peristiwa langka tersebut. Tanpa peralatan teleskop atau kacamata khusus, mereka bisa menyaksikan gerhana dengan mata telanjang. Saat itu langit gelap karena tertutup awan.

Warga berlari-lari dari rumah masing-masing dan berkumpul di kompleks Mabakou untuk melihat peristiwa tersebut.

Warga yang awalnya tidak antusias dengan informasi gerhana matahari langsung mengabadikan momen itu dengan ponsel ataupun kamera.

Geong mengatakan, ia kedua kalinya ia melihat gerhana matahari. Yang pertama pada 1983, ketika ada larangan melihat gerhana. Kali ini ia bisa melihat langsung dari luar rumah.

"Pada tahun 1983 juga saya melihat gerhana matahari. Waktu itu anak-anak hanya melihat dari dalam rumah di mana dinding rumah ditutup dengan kain," kata dia.

Selain di tempat itu, warga berlari menuju ke padang Sabana Mausui untuk melihat gerhana matahari. (*)

Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved