Infiniti Indonesia Gantung Harapan pada QX80

Performa Infiniti di Indonesia tidak gemilang seperti merek mobil mewah lain. Tahun lalu, berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan

Infiniti Indonesia Gantung Harapan pada QX80
Febri Ardani/KompasOtomotif
Direksi Nissan Motor Indonesia saat peluncuran SUV atas Infiniti QX80 di Jakarta, Rabu (7/10/2015). 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Performa Infiniti di Indonesia tidak gemilang seperti merek mobil mewah lain. Tahun lalu, berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualannya cuma sembilan unit dan dua bulan pertama 2016 ini baru laku satu unit.

Model yang dijual di Indonesia tergolong banyak, seperti 850, 870, Q50 Hybrid, Q60 Coupe, QX80, dan QX70. Tetapi, yang dibeli masyarakat hanya dua tipe, yaitu Q50 dan QX80. Lantas, bagaimana dengan target penjualan tahun ini?

Ida Bagus Dharmayana, Deputy Director Marketing & Sales Nissan Motor Indonesia (NMI) yang juga membawahi merek Infiniti, menjelaskan, tahun ini fokus di QX80. Sedangkan untuk tipe lain masih dipelajari kebutuhannya.

“Sepertinya model Sport Utility Vehicle (SUV) lebih disukai. Jadi kita lihat perkembangan QX80 dulu,” kata Ida kepada KompasOtomotif, Kamis (17/3/2016).

Pasar mobil mewah di awal tahun ini, kata Ida, belum menunjukan peningkatan yang signifikan. Grup Nissan di Indonesia wajib memperhitungkan langkah dengan tepat demi menjaga rencana bisnis yang realistis.


Febri Ardani/KompasOtomotif
SUV atas Infiniti QX80 meluncur di Jakarta, Rabu (7/10/2015). Harganya Rp 2,599 milar.

“Secara keseluruhan pasar SUV memang naik, tetapi untuk yang segmen mewah jumlahnya relatif kecil kontribusinya, sehingga harus hati-hati memonitor bulan demi bulan, karena QX80 dan sekelasnya bukan kendaraan utama harian, lebih banyak sebagai additional dan untuk image saja,” ungkap Ida.

QX80 merupakan SUV premium yang diluncurkan Infiniti Indonesia pada Rabu (7/10/2015) di Jakarta. SUV bermesin V8 5.6-liter ini saat itu dijual Rp 2,599 miliar. Banderol tersebut sudah termasuk garansi tiga tahun (tanpa batasan kilometer) dan 24 jam bantuan jalan. (*)

Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved