Peternak di Sumut Merugi, Harga Ayam Tak Sebanding Modal Pakan

"Mereka katanya stabilisasi harga ayam di pasar, tapi harga pakan dan bibit di peternak tidak dipikirkan," ungkapnya.

Peternak di Sumut Merugi, Harga Ayam Tak Sebanding Modal Pakan
Tribun Medan/Ryan Achdiral Juskal
Daging ayam yang dijajakan di Pasar Sukaramai Medan, Senin (21/3/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Ryan Achdiral Juskal

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Peternak Ayam, Hairul Bahri mengatakan, saat ini peternak juga mengalami kesulitan dengan harga. Berbeda dengan pedagang ayam di pasar, para peternak merasa harga jual tidak sesuai dengan modal pakan dan bibit yang sangat tinggi.

Dijelaskannya, saat ini peternak harus menjual dibawah harga modal. Saat ini untuk hitungan kiloan, harga yang dijual peternak senilai Rp 17.500. Sementara itu, modal bibit dan pakan sudah mencapai Rp 19 ribu.

"Kami ini rugi kali sekarang. Per kilo kami rugi Rp 1.500. Karena modal kami saja sudah Rp 19 ribu. Paling tidak seharusnya kami bisa jual Rp 17.500. Kan rugi kali. Itu masih hitungan kilo," katanya Senin (21/3/2016).

Hairul Bahri mengatakan, selama ini pihaknya sudah sering menyampaikan aspirasi terkait harga pakan dan bibit yang semakin tinggi. Tapi, pemerintah hanya berteori, tidak melakukan upaya penurunan harga pakan dan bibit

"Pemerintah ini hanya teori saja bisanya. Tapi prakteknya tidak ada. Mereka katanya stabilisasi harga ayam di pasar, tapi harga pakan dan bibit di peternak tidak dipikirkan," ungkapnya.

Ia pun berharap pemerintah dapat menyelesaikan permasalahan harga pakan dan bibit terlebih dahulu. Agar harga di tingkatan pasar juga bisa lebih stabil.

"Pemerintah yang harus menyelesaikan, kalau bisa jangan mahal kali modal kami. Biar pas jual pun kami bisa aman. Kalau begini kan kami yang rugi. Kami berharap pemerintan bisa menyelesaikan ini,"ungkapnya.

Saat ini harga jual peternak, sekilonya senilai Rp 17.500 ribu. Sementara peternak harus mengeluarkan modal hingga Rp 19 ribu perkilo. Peternak merasa rugi, sebab mahalnya modal dikarenakan mahalnya harga pakan dan bibit untuk ayam. Sementara harga jual masih rendah.

Di Pasar Sukaramai Medan, harga ayam perkilonya dijual Rp 25 ribu. Harga ini mengalami kenaikan apabila dibanding dengan hari sebelumnya. Sebab, sebelumnya harga ayam perkilo hanya Rp 22 ribu. (raj/tribun-medan.com)

Penulis: Ryan Achdiral Juskal
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved