Tim Begadang Berbulan-bulan Investigasi Panama Papers Indonesia

Sejak Mei 2015, tim kecil Majalah Tempo terlibat investigasi 800-an nama warga Indonesia yang termuat dalam dokumen transaksi keuangan

Tim Begadang Berbulan-bulan Investigasi Panama Papers Indonesia
BBC

TRIBUN-MEDAN.com - Sejak Mei 2015, tim kecil Majalah Tempo terlibat investigasi 800-an nama warga Indonesia yang termuat dalam dokumen transaksi keuangan hampir 3 ribuan nama miliarder dan orang terkenal di luar negeri atau dinamai 'Panama Papers'.

Data awal yang ditelusuri tim Tempo berasal dari ICIJ (International Consortium of Investigative Journalists), yang lebih dulu diperoleh surat kabar Jerman, Suddeutche Zeitung.

Tim Tempo tersebut bekerja mulai melakukan riset hingga mengawinkan database yang dimiliki. Dalam mengolah data dari dokumen 'Panama Papers' tersebut, tim bekerja siang dan malam.

"Bukannya bisa begadang lagi. Tapi, memang sudah terjadi mereka pada sering begadang sampai berbulan-bulan. Cuma libur weekend saja," kata Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, Ari Zulkifli, Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Menurut Ari, mulanya Tempo diminta bergabung oleh Deputi Direktur ICIJ Marina Walker Guevara pada April 2015 melalui surat elektronik.

Rekam jejak Tempo sebagai media di Indonesia yang konsisten menulis laporan investigasi dianggap menarik perhatian konsorsium jurnalis yang berkantor di Washington, DC, Amerika Serikat, itu.

Selain itu, pendiri Tempo, Goenawan Mohamad, telah lama menjadi anggota ICIJ.

"Sejak awal sudah dikasih tahu oleh pihak ICIJ, termasuk sejarah mendapatkan dokumennya, siapa yang awal mendapatkan ini, Zeutung dan seterusnya," terangnya.

Panama Papers ini merupakan proyek global kesekian dari ICIJ.

Pada 2013, konsorsium ini merilis data bocoran perusahaan offshore serupa, tapi dari sumber berbeda, yakni data hasil investigasi ICIJ pada tiga tahun lalu yang berjudul Offshore Leaks.

Halaman
1234
Editor: Randy P.F Hutagaol
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved