Akhir Pekan, Ada Festival Pesona Kuliner Indonesia di Kelapa Gading

Mulai hari ini, Kamis (14/4/2016) sampai Minggu (16/4/206), Festival Pesona Kuliner Nusantara 2016 digelar di Mal Artha Gading, Jakarta.

Akhir Pekan, Ada Festival Pesona Kuliner Indonesia di Kelapa Gading
KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT
Hidangan empal gentong di sebuah warung makan milik di Jalan Raya Indramayu - Cirebon, Eretan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Empal gentong adalah kuliner berupa daging sapi dengan kuah yang merupakan makanan khas setempat yang bisa didapat di sepanjang jalur pantai utara dari Indramayu menuju Cirebon. 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Mulai hari ini, Kamis (14/4/2016) sampai Minggu (16/4/206), Festival Pesona Kuliner Nusantara 2016 digelar di Mal Artha Gading, Jakarta. Pengunjung bisa mencicipi kuliner khas berbagai provinsi di Indonesia.

Festival Pesona Kuliner Indonesia menyuguhkan beragam kuliner otentik Indonesia dari 24 provinsi dan 12 kabupaten/kota. Sedikitnya ada 49 jenis kuliner Nusantara yang mewakili daerah-daerah di Indonesia.

Pengunjung bisa berkeliling 65 stand termasuk dari lembaga pendidikan kuliner, asosiasi bidang kuliner, serta industri yang terkait.

"Ini salah satu produk yang potensinya luar biasa untuk menarik minat wisatawan. Dari beberapa data dan referensi, wisatawan yang datang ke suatu daerah sampai 40 persen spending-nya ke kuliner," tutur Deputi Pengembangan Destinasi Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuti dalam pembukaan Festival Pesona Kuliner Indonesia di Mal Artha Gading, Kamis (14/4/2016).

Festival ini digelar di halaman depan Mal Artha Gading, Jakarta Utara. Selama tiga hari, pengunjung tak hanya bisa mencicipi kuliner tapi juga menonton atraksi kesenian dan tarian daerah.


WWW.REKOMENDASI.ME
Lontong tahu.


Beberapa artis Ibu Kota juga akan ikut meramaikan festival ini antara lain Tasya, Lusi Rachmawati, dan band RAN. Selain penampilan musik, ada pula demo-demo masak dari chef-chef ternama Indonesia. Seperti Didin Khairudin, Eddrian Tija, Marco Lim, dan Astrid Enricka.

"Target tahun ini 30.000 pengunjung datang ke festival. Dari sektor bisnis, targetnya Rp 1-2 miliar," tambah Esthy.

Festival ini merupakan upaya menjadikan kuliner sebagai Pesona Indonesia, serta dalam rangka promosi kepada wisatawan baik nusantara maupun asing.

"Sebagai Ibu Kota negara di mana banyak suku bangsa, keberadaan kuliner yang beraneka ragam dari tradisional sampai internasional merupakan sebuah kebutuhan. Diharapkan semakin banyak turis yang datang ke Jakarta untuk menikmati kuliner Nusantara di event ini," kata Kadisbudpar DKI Jakarta, Catur Laswanto. (*)

Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved