Breaking News:

Air Terjun Efrata, Hanya 10 Menit dari Pasar

Air terjun Ini memiliki daya tarik karena keberadaannya yang tidak jauh dari pasar.

Tribun Medan/Silfa Humairah

Laporan Wartawan Tribun Medan/Silfa Humairah

TRIBUN-MEDAN.com, SAMOSIR - Pulau Samosir sangat terkenal dengan wisata Danau Toba, selain keindahan danau terbesar di Asia ini ada juga wisata air terjun Efrata yang tidak boleh dilewatkan khususnya bagi anda pecinta wisata alam.

Untuk menuju  hanya memerlukan waktu 15 menit dari Menara Tele, tempat melihat keindahan danau dari atas menara. Sayang sekali jika tidak singgah sejenak untuk mandi air dingin yang turun langsung dari bukit tertinggi di sana.

Air Terjun Efrata merupakan salah satu objek wisata yang ada di Samosir. Air terjun Ini memiliki daya tarik karena keberadaannya yang tidak jauh dari pasar. Hanya cukup turun tangga 10 menit, wisatawan sudah bisa melihat keindahan air terjunnya yang deras dan memiliki tebing yang indah seperti dipahat.

Air Terjun Efrata berada di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian. Berjarak 20 km lebih dari pusat kota Kabupaten Samosir. Tidak terlalu banyak wisatawan kemari, meskipun pada musim liburan, mungkin karena jaraknya cukup jauh dari objek wisata yang familiar dan cukup terkenal di Samosir yakni Danau Toba.

                                                                            

Wisatawan biasanya paling favorit ke Tomok dan Tuktuk jika ke Samosir selain menyambangi Danau Toba. Namun bagi petualang khususnya anak penjelajah maupun pecinta alam, pasti tidak akan melewatkan Air Terjun Efrata Ini saat ke Samosir.

Via, traveller, menuturkan jalanan menuju Sampuran Efrata tidak terlalu mulus, banyak jalan berbelok dan berbatu yang membuat wisatawan harus cukup berhati-hati dalam mengendarai kendaraan.

"Syukurnya, air terjun berada sekitar pemukiman warga. Banyak rumah-rumah papan petunjuk arah keberadaan Air Terjun Efrata. Tidak perlu tracking terlalu lelah, air terjunnya sudah terlihat," katanya.

Menurut Via, Air Terjun Efrata sebenarnya cukup bagus tapi belakangan cukup tidak terawat karena banyak dahan pohon di sekitarnya yang tidak dibersihkan.

"Sayang area kolamnya tidak terlalu bersih, banyak dahan dan ranting mungkin jatuh dari air terjun atau jatuh dari pohon sekitar," jelasnya.

Untuk mencapainya anda juga bisa mengendarai sepeda motor dan mobil. Di sana juga anda menemui masyarakat yang ramah dan hamparan sawah hijau dari daerah Harian Boho akan menyambut anda ketika menuju air terjun yang indah tersebut.

Air terjun Efrata memiliki ketinggian sekitar 100 meter yang mengalir dari kawasan hutan Tele menuju Danau Toba.

Saat ini pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk berkunjung ke tempat tersebut, cukup membayar uang parkir Rp 2.000 dan uang parkir Rp5000 untuk sepeda motor parkir di rumah penduduk, pengunjung dapat menikmati keindahan alam air terjun Efrata tersebut. (sil/tribun-medan.com)

Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved