Gesits, Motor Listrik Karya Anak Bangsa Dianggap Bisa Bersaing

Desainnya cukup atraktif dan dirasa mampu bersaing dengan skuter konvensional yang didominasi merek Jepang.

Gesits, Motor Listrik Karya Anak Bangsa Dianggap Bisa Bersaing
Agung Kurniawan/KompasOtomotif
Peluncuran sepeda motor lIstrik Gransindo-ITS. 

TRIBUN-MEDAN.com, SURABAYA - PT Garansindo Inter Global dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akhirnya mendebut sepeda motor listrik Gesits di Gedung Riset Mobil Listrik, Surabaya, Selasa (3/5/2016). Produk ini merupakan hasil kolaborasi antara periset dari dunia pendidikan dan pebisnis otomotif nasional.

Perkenalan pertama ini dihadiri langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan (Ristek dan Dikti) Tinggi, Muhammad Nasir, Rektor ITS Joni Hermana, dan jajaran Direksi Garansindo.

Nama Gesits sendiri merupakan akronim dari, Garansindo Electric Scooter ITS. "Produk ini merupakan bukti kalau anak bangsa Indonesia mampu mengembangkan teknologi maju di dunia otomotif," ucap Muhammad Al Abdullah, CEO Grup Garansindo di sela perkenalan kali ini.

Muhammad Nur Yuniarto, Ketua Gesits mengatakan, tidak banyak perusahaan otomotif yang mau mengembangkan teknologi dari anak bangsa. Garansindo, kata Nur, menujukkan komitmennya pada bangsa.

Meski masih berstatus prototipe, Gesits terlihat apik. Desainnya cukup atraktif dan dirasa mampu bersaing dengan skuter konvensional yang didominasi merek Jepang.

"Motor ini semua komponennya dirakayasa oleh ITS. Satu-satunya komponen yang masih impor itu baterainya saja " kata Nur.

Menteri Ristek dan Dikti M Nasir mengatakan, Gesits merupakan produk masa depan bangsa Indonesia. "Kalau teknologi sudah dimiliki dan bisa dikuasai dengan cepat, maka keuntungan terbesar akan dinikmati. Sebelum nanti kompetitor ikut masuk," ujar Nasir. (Kompas.com/Agung Kurniawan)

Editor: Liston Damanik
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved