Baca Edisi Cetak Tribun Medan

Pelindo I Menangkan PK Sengketa Pantai Anjing

MA mengabulkan PK yang diajukan Pelindo 1 melawan M Hafizham dalam sengketa lahan seluas 10 hektare tersebut.

Pelindo I Menangkan PK Sengketa Pantai Anjing
Ilustrasi 

MEDAN, TRIBUN - Sengketa lahan seluas 10 hektare di Pelabuhan Belawan, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Deli atau lebih dikenal dengan Pantai Anjing antara PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 dan M Hafizham akhirnya dimenangkan PT Pelindo 1 melalui Peninjauan Kembali (PK) di Mahkamah Agung (MA).

MA mengabulkan PK yang diajukan Pelindo 1 melawan M Hafizham dalam sengketa lahan seluas 10 hektare tersebut. Dalam Putusan PK Mahkamah Agung, disebutkan bahwa M. Hafizham tidak dapat menunjukkan secara jelas mengenai letak, lokasi dan batas-batas areal tanah seluas 47,5 Ha berdasarkan Grant Sultan 1709 tahun 1917 yang menurut M. Hafizham terdapat di dalamnya tanah seluas 10 Ha yang diklaim sebagai miliknya.

Putusan PK MA menyebutkan bahwa Majelis Hakim Tingkat Pertama PN Medan tidak memberikan penjelasan dan kepastian mengenai di mana letak tanah Grant Sultan No. 1709 tahun 1917 seluas 47,5 Ha.

"Pelindo 1 telah menguasai dan mengusahakan tanah 10 Ha dan tanah-tanah disekitarnya sebagai bagian Sertifikat HPL No. 1 Belawan I tanggal 03 Maret 1993. Pengusahaan tanah ini telah dilakukan Pelindo 1 sejak 01 September 1980. "Putusan PK MA ini membatalkan Putusan Kasasi MA RI No. 2843 K/PDT/2013 tanggal 19 Maret 2014," ujar ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami.

Sebelumnya pihak yang berperkara dengan Pelindo 1, Hafizham, berdalih bahwa ia memiliki surat asli dari Grant Sultan No. 1709 tahun 1917 hanya dengan bukti surat keterangan hilang dari Kepolisian Sektor Kota Medan. PN Medan memenangkan gugatan M Hafizham atas lahan seluas 10 hektare tersebut dan dikuatkan dengan Putusan Kasasi dari Mahkamah Agung. "Atas putusan tersebut kemudian Pelindo 1 mengajukan PK ke Mahkamah Agung," jelas Fiona lagi.

Menindaklanjuti putusan PK tersebut, Fiona mengatakan, saat ini Pelindo 1 sedang melakukan pembenahan dan penataan aset di Pelabuhan Belawan termasuk aset tanah Pantai Anjing.

"Pelindo 1 sudah memasang pagar panel beton di sekeliling lokasi tersebut, dan untuk selanjutnya akan dilakukan pengembangan pelabuhan di lokasi tersebut," jelas Fiona lebih lanjut.(cr8)

Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved