Ramadan 2016

Ini Cara Dinas Peternakan Bedakan Campuran Daging Sapi dan Celeng

Kepala Unit Pelaksana Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dinas Peternakan Sumut, Drh Yusranaria Panjaitan mengatakan, pemeriksaan pencampuran

Ini Cara Dinas Peternakan Bedakan Campuran Daging Sapi dan Celeng
Tribun Medan / Ryan
Kepala Unit Pelaksana Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dinas Peternakan Sumut, Drh Yusranaria Panjaitan sedang mengambil sampel daging di Pasar Simpang Limun, Medan, Sabtu (4/6/2016) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Ryan Achdiral Juskal

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Unit Pelaksana Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dinas Peternakan Sumut, Drh Yusranaria Panjaitan mengatakan, pemeriksaan pencampuran daging sapi dan daging celeng, dilakukan menggunakan Pork Detection Kit. Alat dengan kinerja cepat untuk uji lemak babi, uji formalin dan uji ayam tiren,

"Kami main cepat saja, ini pakai Kit, namanya Pork Detection Kit. Jadi begitu daging dimasukkan ke larutan, dan ada samplenya, maka dengan mudah diketahui mana daging sapi, celeng dan mana daging campuran," katanya.

Ia memaparkan, uji kelayakan daging yang dijual pedagang dilakukan di beberapa pasar tradisional. Uji kelayakan ini pun, tidak hanya dilakukan di Medan, namun di semua daerah di Sumut.

"Untuk Kota Medan, ada beberapa wilayah, sudah turun juga tim kami serentak, ujinya sampai besok. Kami juga sudah kirim alat pengujian ini ke kabupaten dan kota, untuk bisa dilakukan juga pengujian dan pengawasan," terangnya.

Dinas Peternakan melakukan sidak di pasar Simpang Limun Medan, Sabtu (4/6/2016). Sidak kali ini tidak terfokus pada harga daging saja, melainkan pemeriksaan terhadap kelayakan daging, untuk mengantisipasi campuran daging sapi dan daging celeng.

(raj/tribun-medan.com)

Penulis: Ryan Achdiral Juskal
Editor: akb lama
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved