Breaking News

Masyarakat Diajak Awasi Peredaran Vaksin Palsu di Medan

"Ya, sejauh ini memang masih belum kami temukan di Medan. Namun, jika ada informasi, silahkan melaporkannya ke BBPOM agar kami tindaklanjuti,"

Masyarakat Diajak Awasi Peredaran Vaksin Palsu di Medan
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Array A Argus

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Medan, Alibata Harahap mengajak masyarakat untuk berperan serta mengawasi adanya peredaran vaksin palsu di Medan. Sebab, kata Alibata, banyak sekali toko-toko obat yang tidak terjangkau oleh BBPOM Medan.

"Ya, sejauh ini memang masih belum kami temukan di Medan. Namun, jika ada informasi, silahkan melaporkannya ke BBPOM agar kami tindaklanjuti," katanya, Selasa (28/6/2016).

Menurut Alibata, memang sangat sulit membedakan mana vaksin palsu dan mana vaksin asli. Ia menyebut, untuk mengetahui perbedaannya, haruslah melalui proses pemeriksaan di laboratorium.

"Mungkin bisa juga dilihat dari kemasannya. Kalau ragu, sebaiknya tidak usah digunakan. Dan ditanya, darimana sumber vaksin itu," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Usma Polita mengatakan semua pihak wajib mewaspadai peredaran vaksin palsu. Sebab, jika vaksin palsu ini disuntikkan ke tubuh kita, maka vaksin palsu itu akan menjadi racun.

"Dampak dari vaksin palsu ini sangat berbahaya. Vaksin inikan tujuannya mengimunitas tubuh. Kalau vaksin dipalsukan, tentu akan menjadi virus yang mematikan bagi diri kita. Bisa meracuni tubuh," kata Usma.

Ia mengatakan, dampak dari vaksin palsu ini bisa menimbulkan infeksi. Jika dibiarkan, pastinya akan merusak jaringan pertahanan tubuh.

(ray/tribun-medan.com)

Penulis: ArgusA
Editor: Randy P.F Hutagaol
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved