Stok Gula di Sumut Cukup untuk Dua Bulan

Saat ini stok gula yang tersimpan di Bulog 15.000.ton. Jumlah ini akan bertambah dalam waktu dekat karena akan datang gula impor sekitar 10.000 ton.

Stok Gula di Sumut Cukup untuk Dua Bulan
Tribun Medan/Ryan Achdiral Juskal
Warga berbondong-bondong memadati Operasi Pasar di Pasar Palapa Pulau Brayan, Selasa (28/6/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ryan Achdiral Juskal

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Alwin Sitorus mengatakan, pasokan gula di Sumut aman hingga dua bulan ke depan. Saat ini stok gula yang tersimpan di Bulog 15.000.ton. Jumlah ini akan bertambah dalam waktu dekat karena akan datang gula impor sekitar 10.000 ton.

"Kapal pengangkut gula sudah bersandar di Belawan. Kebutuhan gula Sumut 20 ribu ton sebulan, dan untuk dua bukan ke depan, amanlah stok kita," katanya saat operasi pasar di Pasar Palapa, Pulo Brayan, Selasa (28/6/2016).

Alwin menyebutkan selama ini kebutuhan gula di Sumut dipasok dari Jawa Timur dan Lampung. Kemudian penggilingan hanya bisa dilakukan di dua tempat yakni Sei Semayang dan Kuala Madu.

"Karena tidak cukup, maka gula didatangkan dari dua provinsi itu. Operasi pasar ini kami fokuskan supaya harga gula kembali stabil," pungkasnya.

Di tingkat grosir, harga gula pasir sudah mencapai Rp18 ribu per Kg sedangkan di tingkat eceran harga gula tembus Rp 20 ribu per Kg. (raj/tribun-medan.com)

Penulis: Ryan Achdiral Juskal
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved